Farhan Yahya Mahendra, NIM.: 21104090020 (2025) PERAN EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN ADMINISTRASI BERBASIS DIGITAL DI MTSN 9 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PERAN EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN ADMINISTRASI BERBASIS DIGITAL DI MTSN 9 SLEMAN)
21104090020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (PERAN EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN ADMINISTRASI BERBASIS DIGITAL DI MTSN 9 SLEMAN)
21104090020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Lembaga pendidikan, termasuk madrasah, dituntut untuk beradaptasi dengan sistem pengelolaan data yang efisien dan akuntabel. Implementasi Education Management Information System (EMIS) di MTsN 9 Sleman memberikan dampak positif dalam mendukung administrasi madrasah, terutama melalui integrasi dengan sistem lain. Namun, kendala seperti penguasaan operator yang terbatas, serta masalah teknis pada server EMIS, menjadi tantangan yang dapat mempengaruhi efisiensi dan mutu layanan administrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik implementasi EMIS yang diterapkan oleh MTsN 9 Sleman serta menganalisis secara mendalam bagaimana EMIS berperan dalam meningkatkan mutu layanan administrasi yang ditandai oleh aspek akurasi data, efisiensi waktu, dan relevansi informasi. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan konkret dan rekomendasi praktis bagi MTsN 9 Sleman dalam mengoptimalkan EMIS, mengatasi kendala, dan meningkatkan mutu layanan administrasi berbasis digital secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang berupaya memahami fenomena yang terjadi pada subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yaitu yang mengetahui, memahami, dan mengalami dampak implementasi EMIS. Responden penelitian ini terdiri dari kepala madrasah, operator madrasah, kepala bagian TU, dan Waka Kurikulum. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman, yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi EMIS di MTsN 9 Sleman telah melalui tahapan manajemen yang sistematis, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga pengawasan. Proses ini didukung oleh integrasi sistem dan tim pengelola, namun dihadapkan pada tantangan penguasaan operator dan kendala server. Meskipun demikian, EMIS dinilai telah memberikan dampak positif, terutama dalam meningkatkan mutu layanan administrasi. Kualitas layanan administrasi yang terwujud melalui EMIS ini dicirikan oleh: (1) akurasi data yang tinggi melalui fitur validasi, (2) efisiensi waktu dalam pengolahan dan penyebaran informasi, dan (3) relevansi data yang mendukung pengambilan keputusan strategis. Peningkatan pada aspek-aspek ini secara kolektif berkontribusi pada peningkatan mutu layanan administrasi madrasah secara keseluruhan. Kata Kunci: EMIS, Administrasi, Mutu Layanan
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Ir. Sumarsono, S.T., M.Kom. |
| Uncontrolled Keywords: | EMIS, Administrasi, Mutu Layanan |
| Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1) |
| Depositing User: | S.Sos Sofwan Sofwan |
| Date Deposited: | 17 Sep 2025 13:36 |
| Last Modified: | 17 Sep 2025 13:36 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73006 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
