Ahmad, NIM.: 04874140 (1994) STUDI TENTANG PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA ( TINJAUAN: SISTEM, MATERI DAN METODE ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (STUDI TENTANG PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA ( TINJAUAN: SISTEM, MATERI DAN METODE ))
04874140_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (27MB) | Preview |
|
|
Text (STUDI TENTANG PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA ( TINJAUAN: SISTEM, MATERI DAN METODE ))
04874140_BAB II sampai BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (26MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pelaksanaan pendidikan dan pengajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Wukirsari, Imogiri, Bantul, Yogyakarta, khususnya terkait sistem, materi, metode, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan analisis kualitatif, dan pada bagian tertentu dilengkapi dengan analisis kuantitatif. Data diperoleh melalui pengamatan dan dokumentasi, kemudian dianalisis untuk mengetahui kesesuaian teori pendidikan dengan praktik di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pendidikan dan pengajaran Al-Qur’an di TPA Wukirsari berjalan baik, dengan capaian hasil belajar yang cukup memuaskan. Sistem pembelajaran yang diterapkan meliputi CBSA (Cara Belajar Santri Aktif), metode privat, dan asistensi. Materi pembelajaran terdiri atas materi pokok (membaca Al-Qur’an dengan buku Iqra’) dan materi penunjang seperti hafalan bacaan sholat, surat pendek, ayat pilihan, menulis huruf Arab, serta kegiatan cerita dan menyanyi. Metode yang digunakan meliputi ceramah, tanya jawab, demonstrasi, hafalan, dan latihan, yang mendapat tanggapan positif dari santri. Faktor pendukung meliputi kesiapan guru, motivasi santri, dukungan lingkungan, serta sarana prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambat relatif kecil, seperti keterlambatan santri karena bermain dengan teman sebaya, dan dapat diatasi secara internal.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Drs. H. Nazri Syakur, MA. - Digitalisasi |
| Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Al-Qur’an; TPA Wukirsari; metode pembelajaran |
| Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 17 Sep 2025 13:38 |
| Last Modified: | 17 Sep 2025 13:40 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73016 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
