NURUL UMAYAH , NIM. 08680006 (2013) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK VIRUS KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.
|
Text (PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK VIRUS KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK VIRUS KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran biologi pada materi pokok Virus Kelas X di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013; (2) pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Giving Questions and Getting Answer terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi pada materi pokok Virus kelas X di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 . Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi eksperiment dengan desain penelitian Control Group Pretest-Posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta dan sampel diambil secara random, yaitu kelas XE sebagai kelas eksperimen, dan kelas XD sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data motivasi belajar menggunakan angket dan hasil belajar menggunakan soal pre-test, dan soal post-test. Validasi instrumen yang digunakan yaitu validasi isi, validasi logis, dan empiris. Reliabilitas instrumen dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Data motivasi belajar kemudian dianalisis secara deskriptif dan menggunakan uji Mann-Whitney U, dan hasil belajar, menggunakan uji t-test yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Questions and Getting Answer: (1) berpengaruh terhadap motivasi belajar (p=0,033); (2) berpengaruh terhadap hasil belajar (p= 0,04) dibandingkan pembelajaran yang menggunakan strategi ceramah. Kata Kunci: Strategi pembelajaran aktif tipe Giving Questions and Getting Answer, motivasi belajar, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 22 Apr 2013 16:19 |
Last Modified: | 03 Mar 2016 14:08 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7302 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |