HUBUNGAN AKTIVITAS BERMAIN GAME ONLINE “FREE FIRE” TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI MIN 1 BANTUL YOGYAKARTA

Muhammad Aziz Adhiasa, NIM.: 21104080016 (2025) HUBUNGAN AKTIVITAS BERMAIN GAME ONLINE “FREE FIRE” TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI MIN 1 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN AKTIVITAS BERMAIN GAME ONLINE “FREE FIRE” TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI MIN 1 BANTUL YOGYAKARTA)
21104080016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN AKTIVITAS BERMAIN GAME ONLINE “FREE FIRE” TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI MIN 1 BANTUL YOGYAKARTA)
21104080016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya pengguna game online termasuk siswa Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah yang bermain game online Free Fire. Fenomena ini menunjukkan bahwa game online semakin diminati oleh anak-anak usia sekolah. Meskipun memberikan hiburan, penggunaan game secara berlebihan dapat memberikan dampak negatif, salah satunya adalah penurunan minat belajar siswa.Fokus permasalahan yang akan diteliti berkaitan dengan adanya hubungan aktivitas bermain game Free Fire dan minat belajar siswa kelas V di MIN 1 Bantul ditinjau dari frekuensi bermainnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Mengetahui adanya hubungan frekuensi bermain Game Online Free Fire terhadap minat siswa yang aktif bermain game tersebut di kelas V MIN 1 Bantul, 2) Mengetahui perbedaan minat belajar siswa yang bermain game online Free Fire dan siswa yang tidak bermain game tersebut di kelas V MIN 1 Bantul. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner tertutup. Angket atau kuesioner ditujukan kepada 28 siswa kelas V D di MIN 1 Bantul. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah Pearson Product Moment dan Independent Simple T-test. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan aktivitas bermain game online free fire dan minat belajar siswa kelas V di MIN 1 Bantul. dengan dibuktikan dari hasil analisis penelitian diperoleh dari hasil uji korelasi Pearson, nilai sig (2 tailed) 0,038 < 0,05 dengan nilai korelasi koefisien -0,557 yang menunjukan terdapat hubungan yang negatif dengan tingkat korelasi sedang atau cukup dengan persentase 31,1%. Dan dari hasil Independent Simple T-Test diperoleh nilai sig (2 tailed) 0,00 < 0,05, yang menunjukan terdapat viii perbedaan yang signifikan antara siswa yang bermain free fire dan siswa yang bermain tidak free fire. Kata Kunci : Game Online, Free Fire, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: M. Saidul Muzakki, S. Pd. I, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Game Online, Free Fire, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 17 Sep 2025 14:41
Last Modified: 17 Sep 2025 14:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73032

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum