PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIP-BOOK BERBASIS MULTI REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI GELOMBANG

Ngazizah, NIM.: 21104050055 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIP-BOOK BERBASIS MULTI REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI GELOMBANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIP-BOOK BERBASIS MULTI REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI GELOMBANG)
21104050055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIP-BOOK BERBASIS MULTI REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI GELOMBANG)
21104050055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Four-D (4D). Subjek penelitian terdiri atas 14 peserta didik untuk uji coba terbatas dan 19 peserta didik untuk uji coba luas pada kelas XI di salah satu MA di Desa Tunjungmuli. Instrumen yang digunakan meliputi: lembar validasi instrumen penelitian, lembar validasi instrumen tes pemahaman konsep, lembar validasi produk, lembar penilaian produk, lembar respons peserta didik, serta tes pemahaman konsep (pretest dan posttest). Validasi instrumen penelitian dan instrumen tes pemahaman konsep dianalisis menggunakan persentase kesepakatan serta masukan berupa kritik dan saran, sehingga diperoleh instrumen yang layak digunakan sebagai alat ukur penelitian. Validasi instrumen tes pemahaman konsep dianalisis dengan menggunakan rumus Aiken’s V. Penilaian kualitas produk dilakukan dengan menggunakan skala Likert lima interval, sedangkan peningkatan pemahaman konsep diukur melalui gain score yang diperoleh dari perbandingan nilai pretest dan posttest. Respons peserta didik terhadap media pembelajaran diukur menggunakan skala Guttman dengan dua interval. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran flip-book berbasis multi representasi pada materi gelombang yang terbukti dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Hasil penilaian kualitas produk menunjukkan skor 4,65 dari ahli materi, 4,50 dari ahli media, dan 4,21 dari guru fisika, dengan kategori Sangat Baik (SB). Angket respons peserta didik memperoleh skor 0,99 dengan kategori Setuju (S), sedangkan nilai gain score sebesar 0,31 menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep setelah penggunaan media flip-book berbasis multi representasi. Media ini juga memberikan kontribusi positif bagi sekolah tempat penelitian, yakni dengan menghadirkan alternatif sumber belajar inovatif yang dapat digunakan vii guru, memperkaya variasi metode pembelajaran fisika, serta mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di kelas. Kata kunci: flip-book, multi representasi, pemahaman konsep, gelombang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Ari Cahya Mawardi, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: flip-book, multi representasi, pemahaman konsep, gelombang
Subjects: 500 Sains Murni > 530 Fisika > 530.7 Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 17 Sep 2025 15:02
Last Modified: 17 Sep 2025 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73033

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum