Budiono, NIM.: 04874939 (1996) BEBERAPA PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DAN USAHA-USAHA PEMECAHANNYA DI YAYASAN PENDIDIKAN AL-ANWAR MRICAN KEDIRI PROPINSI JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (BEBERAPA PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DAN USAHA-USAHA PEMECAHANNYA DI YAYASAN PENDIDIKAN AL-ANWAR MRICAN KEDIRI PROPINSI JAWA TIMUR)
04874939_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (21MB) | Preview |
|
|
Text (BEBERAPA PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DAN USAHA-USAHA PEMECAHANNYA DI YAYASAN PENDIDIKAN AL-ANWAR MRICAN KEDIRI PROPINSI JAWA TIMUR)
04874939_BAB II sampai BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Beberapa Problematika Pendidikan dan Usaha-Usaha Pemecahannya di Yayasan Pendidikan Al-Anwar Mrican Kediri Propinsi Jawa Timur”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika pendidikan yang terjadi di Yayasan Pendidikan Al-Anwar, baik dari faktor pendidik, anak didik, sarana pendidikan, maupun lingkungan pendidikan, serta untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan pihak Yayasan dalam memecahkan problematika tersebut. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi sumbangan pemikiran dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Yayasan maupun lembaga pendidikan Islam pada umumnya. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta didukung oleh penggunaan statistik sederhana. Analisis ini dilakukan untuk mengungkapkan data yang bersifat kualitatif berupa ungkapan-ungkapan dan pernyataan, kemudian ditunjang dengan data kuantitatif yang diolah secara sederhana, sehingga dapat ditarik kesimpulan dari kondisi umum menuju hal-hal yang bersifat khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Yayasan Pendidikan Al-Anwar menghadapi berbagai problematika pendidikan yang meliputi: (1) Faktor pendidik, yaitu masih adanya guru yang mengajar hanya sebagai pekerjaan sambilan, kurangnya guru profesional, rendahnya latar belakang keguruan, serta kurangnya rasa memiliki terhadap lembaga. Usaha pemecahan dilakukan dengan memberikan tambahan honor. (2) Faktor anak didik, yaitu adanya putus sekolah, kurang disiplin, rendahnya motivasi belajar, dan kurangnya kesadaran siswa. Pemecahannya dilakukan dengan pembinaan dan pengarahan. (3) Faktor sarana pendidikan, yaitu keterbatasan peralatan olahraga, kesenian, dan koleksi perpustakaan. Pemecahan dilakukan dengan menghimpun dana dari wali murid dan donatur. (4) Faktor lingkungan pendidikan, yaitu kondisi lingkungan yang kotor, kurang terawat, serta rumah siswa yang jauh. Pemecahan dilakukan dengan pembagian tugas kebersihan lingkungan sekolah dan Yayasan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Drs. Sarjuli - Digitalisasi |
| Uncontrolled Keywords: | problematika pendidikan; anak didik; pendidik; Pendidikan Islam |
| Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 17 Sep 2025 15:15 |
| Last Modified: | 17 Sep 2025 15:16 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73043 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
