ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA PADA PEMBELAJARAN ADAPTIF DI KELAS INKLUSI

Rhosida Ratu Langit, NIM.: 21104050048 (2025) ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA PADA PEMBELAJARAN ADAPTIF DI KELAS INKLUSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA PADA PEMBELAJARAN ADAPTIF DI KELAS INKLUSI)
21104050048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA PADA PEMBELAJARAN ADAPTIF DI KELAS INKLUSI)
21104050048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pendidikan inklusi, menjadi tantangan bagi guru fisika dan mahasiswa yang mengambil jurusan pendidikan mengingat beragamnya kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) mahasiswa program studi pendidikan fisika dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran adaptif di kelas inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner berbasis Content Representation (CoRe), observasi, dokuemtasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa PCK mahasiswa program studi pendidikan fisika pada perencanaan pembelajaran adaptif dominan muncul pada komponen inti. Namun penyesuaian terhadap kebutuhan Peserta Didik Penyandang Disabilitas (PDPD) netra dan kelengkapan komponen dalam modul ajar masih terbatas. PCK pada pelaksanaan pembelajaran adaptif di kelas inklusi, masih terbatas pada kegiatan inti, penggunaan media, dan asesmen pembelajaran. Adapun penyesuaian dalam proses pembelajaran hanya muncul pada faktor mobilitas dan format dokumen soal untuk PDPD netra. Penelitian ini menunjukan, PCK mahasiswa program studi pendidikan fisika pada perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran adaptif di kelas inklusi kurang maksimal. Temuan ini menunjukan perlu adanya penguatan PCK bagi mahasiswa program studi pendidikan fisika, terutama dalam konteks pembelajaran adaptif untuk kelas inklusi, guna mempersiapkan guru fisika yang mampu memfasilitasi kebutuhan seluruh peserta didik. Kata kunci : Pedagogical Content Knowledge, mahasiswa program studi pendidikan fisika, pembelajaran adaptif, kelas inklusi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Iva Nandya Atika, S.Pd., M.Ed.
Uncontrolled Keywords: Pedagogical Content Knowledge, mahasiswa program studi pendidikan fisika, pembelajaran adaptif, kelas inklusi
Subjects: 500 Sains Murni > 530 Fisika > 530.7 Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 17 Sep 2025 15:22
Last Modified: 17 Sep 2025 15:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73047

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum