PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI MA’ARIF SEMBEGO

Hanif Aswin, NIM.: 21104080020 (2025) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI MA’ARIF SEMBEGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI MA’ARIF SEMBEGO)
21104080020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI MA’ARIF SEMBEGO)
21104080020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, penerapan, dan hasil belajar Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Matematika di kelas IV MI Ma’arif Sembego. Kurikulum Merdeka mulai diterapkan di madrasah ini sejak tahun ajaran 2023/2024, dengan fokus pada penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), modul ajar, serta penerapan pembelajaran diferensiatif yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan model Miles & Huberman melalui tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Subjek penelitian meliputi guru kelas IV C, siswa, kepala sekolah, serta wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran disusun secara sistematis dengan menyesuaikan capaian pembelajaran, asesmen diagnostik, dan penyusunan modul ajar yang fleksibel; (2) penerapan pembelajaran berlangsung aktif, kontekstual, dan diferensiatif, di mana siswa dikelompokkan berdasarkan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah, serta kegiatan pembelajaran selalu dihubungkan dengan kehidupan nyata; (3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan, baik pada aspek kognitif berupa pemahaman materi pengolahan data dan peluang sederhana, maupun pada aspek afektif dan sosial seperti kerjasama, kedisiplinan, dan bernalar kritis. Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Matematika, Perencanaan Pembelajaran, Penerapan Pembelajaran, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dra. Hj. Asnafiyah, M.P.d
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Matematika, Perencanaan Pembelajaran, Penerapan Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 17 Sep 2025 15:32
Last Modified: 17 Sep 2025 15:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73048

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum