PERAN MASJID DALAM LITERASI JAMAAH: STUDI KASUS PELATIHAN KEPENULISAN & PENGAJIAN FILSAFAT DI MASJID JENDRAL SUDIRMAN YOGYAKARTA

Syarif Hidayat, NIM.:21102030063 (2025) PERAN MASJID DALAM LITERASI JAMAAH: STUDI KASUS PELATIHAN KEPENULISAN & PENGAJIAN FILSAFAT DI MASJID JENDRAL SUDIRMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN MASJID DALAM LITERASI JAMAAH: STUDI KASUS PELATIHAN KEPENULISAN & PENGAJIAN FILSAFAT DI MASJID JENDRAL SUDIRMAN YOGYAKARTA)
21102030063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN MASJID DALAM LITERASI JAMAAH: STUDI KASUS PELATIHAN KEPENULISAN & PENGAJIAN FILSAFAT DI MASJID JENDRAL SUDIRMAN YOGYAKARTA)
21102030063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya tingkat literasi masyarakat, sebagaimana dilaporkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS, 2023) yang mencatat sekitar 37% penduduk Indonesia berusia 15 tahun ke atas memiliki kemampuan literasi yang rendah, masih menjadi tantangan serius dalam pembangunan sumber daya manusia yang unggul. Masjid Jenderal Sudirman Yogyakarta merespons kondisi ini melalui dua program utama, yaitu pelatihan kepenulisan dan pengajian filsafat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji peran masjid dalam meningkatkan literasi jamaah, serta (2) mendeskripsikan strategi takmir dalam membangun budaya literasi di kalangan jamaah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan kepenulisan yang dimulai pada tahun 2016 telah melahirkan komunitas literasi aktif bernama MJS Project. Komunitas ini secara konsisten menghasilkan karya tulis berupa buletin, artikel daring, hingga penerbitan buku bersama. Sementara itu, pengajian filsafat yang telah berlangsung sejak 2013 berhasil menciptakan forum diskusi terbuka yang mendorong daya kritis jamaah. Peran masjid dalam literasi diwujudkan melalui penyediaan fasilitas belajar, pemanfaatan media cetak dan digital, serta pembentukan ekosistem pembelajaran yang inklusif. Temuan ini mengindikasikan bahwa masjid dapat berfungsi sebagai pusat pengembangan intelektual sekaligus ruang pemberdayaan masyarakat. Keberlanjutan program literasi berbasis masjid memerlukan sinergi antara takmir, komunitas, dan masyarakat luas, sehingga mampu memperkuat budaya literasi secara berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. Moh Abu Suhud, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: literasi, kepenulisan; pengajian filsafat; Masjid Jenderal Sudirman
Subjects: 000 Ilmu Komputer, Ilmu Informasi, dan Karya Umum > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025.56 Literasi Informasi
300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 307.14 Pengembangan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 18 Sep 2025 10:07
Last Modified: 18 Sep 2025 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73050

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum