PROBLEMATIKA PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 YOGYAKARTA

Kun Hanifah, NIM: 04874971 (1995) PROBLEMATIKA PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 YOGYAKARTA)
04874971_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 YOGYAKARTA)
04874971_BAB II sampai BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas problematika pengajaran bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Yogyakarta. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui berbagai kendala yang muncul dalam proses belajar mengajar, metode yang digunakan guru, serta upaya yang dilakukan guru maupun siswa agar pembelajaran bahasa Inggris dapat berjalan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan metode deduktif, induktif, dan komparatif untuk menggali data melalui deskripsi verbal, sedangkan analisis kuantitatif dilakukan melalui analisis statistik deskriptif berupa penyajian angka dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris di MAN 1 Yogyakarta menghadapi problematika kompleks yang mencakup aspek guru, siswa, kurikulum, dan metodologi. Untuk mengatasinya, pihak madrasah dan guru melakukan sejumlah upaya, antara lain peningkatan kompetensi pedagogis, penyesuaian kurikulum, penggunaan metode pengajaran variatif seperti Audio-Lingual Method, pemanfaatan media pembelajaran, serta pemberian les tambahan di luar jam sekolah. Upaya tersebut terbukti cukup berhasil, ditandai dengan meningkatnya prestasi belajar siswa dari waktu ke waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Prof. Drs. H. Muhammad Zein
Uncontrolled Keywords: problematika pembelajaran; metodologi pengajaran; anak didik; guru; kurikulum
Subjects: 400 Bahasa > 420 Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 18 Sep 2025 10:41
Last Modified: 18 Sep 2025 10:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73084

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum