PROBLEMATIKA PEMBACAAN KALIMAT BAHASA ARAB TANPA SYAKAL SISWA MADRASAH ALIYAH RAUDLATUL ULUM GUYANGAN TRANGKIL PATI

Moh. Astari, NIM.: 04875047 (1996) PROBLEMATIKA PEMBACAAN KALIMAT BAHASA ARAB TANPA SYAKAL SISWA MADRASAH ALIYAH RAUDLATUL ULUM GUYANGAN TRANGKIL PATI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBACAAN KALIMAT BAHASA ARAB TANPA SYAKAL SISWA MADRASAH ALIYAH RAUDLATUL ULUM GUYANGAN TRANGKIL PATI)
04875047_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBACAAN KALIMAT BAHASA ARAB TANPA SYAKAL SISWA MADRASAH ALIYAH RAUDLATUL ULUM GUYANGAN TRANGKIL PATI)
04875047_BAB II sampai BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Problematika Pembacaan Kalimat Bahasa Arab Tanpa Syakal Siswa Madrasah Aliyah Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam membaca kalimat bahasa Arab tanpa syakal, serta untuk mengidentifikasi problematika yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Data disajikan dalam bentuk kata-kata atau kalimat yang dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu untuk memperoleh kesimpulan. Selain itu, digunakan pula analisis statistik deskriptif terhadap nilai siswa guna mengetahui indeks prestasi dalam membaca kalimat bahasa Arab tanpa syakal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan siswa dalam membaca kalimat bahasa Arab tanpa syakal memperoleh nilai 5,73 dengan kategori cukup. Adapun problematika yang dihadapi siswa terbagi menjadi dua aspek. Dari segi linguistik, kendala meliputi kurangnya penguasaan morfologi, semantik, dan sintaksis. Sedangkan dari segi non-linguistik, permasalahan mencakup rendahnya keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran, masih adanya guru yang kurang menguasai materi, keterbatasan guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang efektif, minimnya ketersediaan buku pendukung, serta latar belakang pendidikan sebagian besar siswa yang berasal dari SMP umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. Roihan Achwan, MA -Digitalisasi
Uncontrolled Keywords: pembacaan; syakal; Siswa Madrasah Aliyah; harokat
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 18 Sep 2025 11:00
Last Modified: 18 Sep 2025 11:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73085

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum