Anggita Cahya Widyaningrum, NIM.: 21104040006 (2025) STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) DALAM MENGANALISIS HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING, SELF-CONFIDENCE DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) DALAM MENGANALISIS HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING, SELF-CONFIDENCE DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMA)
21104040006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) DALAM MENGANALISIS HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING, SELF-CONFIDENCE DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMA)
21104040006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematis peserta didik di Indonesia, sebagaimana ditunjukkan oleh skor PISA 2022 yang di bawah rata-rata OECD. Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan tersebut. Berbagai studi menunjukkan bahwa aspek afektif, seperti self-regulated learning dan self-confidence, memiliki peran krusial dalam mendukung keberhasilan pembelajaran matematika. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antara self-regulated learning, self-confidence dan kemampuan penalaran matematis peserta didik, baik secara parsial maupun simultan, serta mengidentifikasi kontribusi masing-masing aspeknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive cluster sampling, melibatkan 210 peserta didik dari SMA Negeri 1 Sewon dan MA Negeri 3 Bantul. Instrumen penelitian mencakup kuesioner untuk mengukur self-regulated learning dan self-confidence, serta tes untuk mengukur kemampuan penalaran matematis. Analisis data dilakukan dengan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan SmartPLS, yang memungkinkan pemodelan hubungan kompleks antar variabel laten dan teramati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-regulated learning memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik (β = 0,309; p = 0,009). Namun, self-confidence tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap kemampuan penalaran matematis (β = -0,028; p = 0,819). Secara simultan, self-regulated learning dan self-confidence mampu menjelaskan 10,3% variansi dalam kemampuan penalaran matematis, dengan kontribusi utama berasal dari self-regulated learning, mengindikasikan adanya faktor-faktor lain yang lebih dominan. Kata Kunci: Self-Regulated Learning, Self-Confidence, Kemampuan Penalaran Matematis, Structural Equation Modeling (SEM).
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si., M.Pd.Si. |
| Uncontrolled Keywords: | Self-Regulated Learning, Self-Confidence, Kemampuan Penalaran Matematis, Structural Equation Modeling (SEM). |
| Subjects: | Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1) |
| Depositing User: | S.Sos Sofwan Sofwan |
| Date Deposited: | 18 Sep 2025 15:30 |
| Last Modified: | 18 Sep 2025 15:30 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73109 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
