SRATEGI GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAK MELALUI PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI KELAS XII SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN TAHUN 2024/2025

Sandi Febrianto, NIM.: 21104010079 (2025) SRATEGI GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAK MELALUI PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI KELAS XII SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN TAHUN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SRATEGI GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAK MELALUI PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI KELAS XII SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN TAHUN 2024/2025)
21104010079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SRATEGI GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAK MELALUI PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI KELAS XII SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN TAHUN 2024/2025)
21104010079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh krisis akhlak yang masih melanda bangsa, khususnya di kalangan siswa. Kondisi ini sejalan dengan peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas XII di SMA Negeri 2 Banguntapan yang menerapkan strategi penanaman nilai-nilai akhlak untuk membentuk karakter siswa melalui pembelajaran yang terarah dan berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PAI dalam penanaman nilai-nilai akhlak melalui pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas XII, serta faktor penghambat dan pendukungnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Subjek penelitian ditentukan melalui teknik purposive sampling, meliputi wakil kepala sekolah, kepala kurikulum, guru PAI kelas XII sampai kelas X, dan tujuh siswa kelas XII. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru PAI meliputi keteladanan, penerapan kedisiplinan, pembiasaan perilaku positif, pemberian nasihat, dan motivasi. Faktor penghambat terdiri dari kebiasaan buruk siswa, keterbatasan pengetahuan agama, lingkungan pergaulan negatif, pengaruh buruk media sosial, serta kurangnya perhatian orang tua. Faktor pendukung meliputi kedisiplinan yang tegas, lingkungan belajar yang menyenangkan, dan pembinaan karakter secara berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Akhmad Sholeh, Sag. M.S.i
Uncontrolled Keywords: Guru PAI; penanaman nilai-nilai akhlak; pembelajaran PAI; budi pekerti.
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Sep 2025 08:14
Last Modified: 19 Sep 2025 08:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73118

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum