PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARITMETIKA SOSIAL BERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MEMFASILITASI TERCIPTANYA ACTIVE, JOYFULL, EFFECTIVE LEARNING (AJEL) PADA SISWA SMP / MTs KELAS VII

RONA HAPPY MUMPUNI , NIM. 08600082 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARITMETIKA SOSIAL BERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MEMFASILITASI TERCIPTANYA ACTIVE, JOYFULL, EFFECTIVE LEARNING (AJEL) PADA SISWA SMP / MTs KELAS VII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARITMETIKA SOSIAL BERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MEMFASILITASI TERCIPTANYA ACTIVE, JOYFULL, EFFECTIVE LEARNING (AJEL) PADA SISWA SMP / MTs KELAS VII)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARITMETIKA SOSIAL BERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MEMFASILITASI TERCIPTANYA ACTIVE, JOYFULL, EFFECTIVE LEARNING (AJEL) PADA SISWA SMP / MTs KELAS VII)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengembangkan media pembelajaran berbasis edutainment untuk materi Aritmetika Sosial, 2) mengetahui kualitas media pembelajaran yang telah dikembangkan, 3) mengetahui apakah media yang dihasilkan dapat memfasilitasi terciptanya AJEL. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Research and Development (prosedural), yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Penelitian pengembangan ini mempunyai 3 tahapan, yaitu: tahap I (investigasi awal), tahap II (pembuatan media, penyusunan instrumen, validasi instrumen, revisi I, uji coba kelas kecil, revisi II), tahap III (uji coba lapangan, revisi akhir). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket ahli materi, angket ahli media, angket siswa tentang kualitas teknis media, soal pre test, soal post test, skala sikap active and joyfull learning, dan lembar observasi active and joyfull learning. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik persentase. Analisis tambahan untuk hasil pre test, post test dan skala sikap active and joyfull learning menggunakan teknik uji hipotesis yaitu dengan uji Mann Whitney. Penelitian ini telah berhasil mengembangkan media pembelajaran matematika yang mempunyai kualitas Sangat Baik (SB) menurut penilaian ahli materi dengan persentase keidealan 88,67%, Baik (B) menurut penilaian ahli media dengan persentase keidealan 80%, dan Sangat Baik (SB) menurut penilaian 12 siswa kelas VII tentang kualitas teknis media dengan persentase keidealan 90,83% sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran yang telah dikembangkan berhasil memfasilitasi terciptanya active and joyfull learning namun belum dapat memfasilitasi terciptanya effective learning dengan baik. Kesimpulan akhir adalah media pembelajaran edutainment yang dikembangkan kurang dapat memfasilitasi terciptanya Active, Joyfull, Effective Learning (AJEL). Kata Kunci: media pembelajaran, edutainment, AJEL, Aritmetika Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Apr 2013 16:59
Last Modified: 26 Jan 2016 13:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7312

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum