SISTEM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-IRSYAD GUNUNGJATI KECAMATAN BANJARNEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA

Iswanto, NIM.: 9241 2023 (1998) SISTEM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-IRSYAD GUNUNGJATI KECAMATAN BANJARNEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SISTEM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-IRSYAD GUNUNGJATI KECAMATAN BANJARNEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA)
92412023_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img] Text (SISTEM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-IRSYAD GUNUNGJATI KECAMATAN BANJARNEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA)
92412023_BAB II sampai BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang hadir di tengah masyarakat desa. Sistem pendidikan agama Islam di pondok pesantren sangat bergantung pada implementasinya, karena jika tidak sesuai dengan yang diharapkan maka pelaksanaannya tidak akan terwujud. Berdasarkan hasil survei sementara, penulis tertarik untuk meneliti sistem pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Al-Irsyad yang menggabungkan sistem pendidikan tradisional dan modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dasar dan tujuan pendidikan agama Islam, materi dan metode yang digunakan, faktor pendukung dan penghambat, serta hasil yang dicapai dalam pelaksanaan sistem pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Al-Irsyad. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analitis non-statistik dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah kyai, ustadz, dan pengurus pondok pesantren, serta para santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Al-Irsyad bertujuan untuk mempersiapkan santri agar menjadi orang yang bertaqwa kepada Allah SWT, memiliki pengetahuan luas, berakhlak mulia, dan berjihad di jalan-Nya. Adapun materi pendidikan di pondok pesantren merujuk pada kitab-kitab klasik (kitab kuning). Metode pengajarannya meliputi metode sorogan, wetonan/bandongan, dan klasikal/madrasah. Hasil yang dicapai dalam pelaksanaan sistem pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Al-Irsyad Gunungjati Banjarnegara adalah: banyak alumni yang terjun dalam masyarakat dan dapat memfungsikan diri sebagaimana mestinya. Alumni telah siap untuk menjadi ustadz di pondok pesantren Al-Irsyad Gunungjati

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. H.M. Asrori Ma’ruf
Uncontrolled Keywords: sistem pendidikan, PAI, Pondok Pesantren, Al-Irsyad.
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 30 Sep 2025 13:16
Last Modified: 30 Sep 2025 13:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73496

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum