KESATUAN-HIERARKIS PENGETAHUAN SEBAGAI BASIS PENDIDIKAN ISLAM

Mukalam, NIM.: 92412051 (2000) KESATUAN-HIERARKIS PENGETAHUAN SEBAGAI BASIS PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KESATUAN-HIERARKIS PENGETAHUAN SEBAGAI BASIS PENDIDIKAN ISLAM)
92412051_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KESATUAN-HIERARKIS PENGETAHUAN SEBAGAI BASIS PENDIDIKAN ISLAM)
92412051_BAB II sampai BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah sebuah aktivitas manusia yang tidak terlepas dari sistem nilai tertentu. Kegagalan anak dalam belajar tidak semata-mata disebabkan oleh tingkat kecerdasan mereka, melainkan juga oleh berbagai masalah atau kendala yang dihadapi. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya meletakkan kerangka hubungan antara pendidikan Islam dan epistemologi, di mana paradigma epistemologi kesatuan-hierarkis pengetahuan telah menjadi perhatian penting bagi para pemikir Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan antara pendidikan, epistemologi, dan pandangan dunia Islam. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kemungkinan paradigma epistemologi kesatuan-hierarkis pengetahuan menjadi basis bagi pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yang bersifat deskriptif-analitis-eksploratif dan menggunakan pendekatan filosofis. Metode yang digunakan adalah deduksi dan komparasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktik pendidikan Islam memiliki keterkaitan dengan pandangan dunia Islam. Paradigma epistemologi kesatuan-hierarkis pengetahuan merupakan bagian dari pandangan dunia Islam, dan berhadapan dengan wahyu, paradigma ini menjadi basis teoretis praktik pendidikan Islam. Paradigma ini membahas problem-problem esensial yang sangat menentukan bagi praktik pendidikan Islam, dan bisa menjadi bagian penting dari basis teoretis praktik pendidikan Islam. Pendidikan harus dilihat sebagai proses aktualisasi pengetahuan yang bersifat reflektif dan mengarah pada pengenalan terhadap Tuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs.HR. Abdullah Fadjar
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, pengetahuan
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 30 Sep 2025 13:25
Last Modified: 30 Sep 2025 13:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73497

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum