PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PENGAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS II DI SMP MUHAMMADIYAH KECAMATAN BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH

Muhammad Abduh, NIM.: 92421971 (2000) PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PENGAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS II DI SMP MUHAMMADIYAH KECAMATAN BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PENGAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS II DI SMP MUHAMMADIYAH KECAMATAN BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH)
92421971_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PENGAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS II DI SMP MUHAMMADIYAH KECAMATAN BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH)
92421971_BAB II sampai BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Dalam dunia pendidikan modern, pengajaran menjadi bagian krusial dalam pendidikan. Kualitas pengajaran di sekolah terkait erat dengan faktor-faktor seperti tujuan, pendidikan, peserta didik, materi, media, metode, dan evaluasi. Pengajaran Bahasa Arab merupakan salah satu bidang studi fundamental yang sangat penting, karena melalui pengajaran ini siswa diharapkan dapat memiliki pengetahuan, landasan moral, dan keagamaan yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi perencanaan dan pelaksanaan pengajaran Bahasa Arab di SMP Muhammadiyah Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses perencanaan dan pelaksanaan pengajaran Bahasa Arab yang dilakukan oleh guru di SMP Muhammadiyah Bandongan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui metode-metode mengajar yang digunakan untuk menyampaikan materi Bahasa Arab di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode lapangan (field research). Populasi penelitian adalah kepala sekolah, staf, guru Bahasa Arab, dan 120 siswa kelas II tahun ajaran 1999/2000. Penulis menggunakan metode sampling untuk mengambil 72 siswa (60%) dari total populasi. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara, kuesioner, dan metode dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan Metode Analisis Data Statistik Deskriptif. Analisis ini bersifat kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dan pelaksanaan pengajaran Bahasa Arab di SMP Muhammadiyah Bandongan telah berjalan sesuai dengan kurikulum SMP 1994. Hal ini didukung oleh adanya persiapan guru, pembuatan rencana pengajaran, dan penguasaan bahan pelajaran. Metode pengajaran yang digunakan guru menunjukkan variasi yang memadai untuk mendukung tujuan pembelajaran. Guru juga disarankan untuk memilih dan menggunakan metode pengajaran yang sesuai dengan materi dan mengajak siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. Maksudin
Uncontrolled Keywords: Pengajaran Bahasa Arab; belajar mengajar
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 01 Oct 2025 14:21
Last Modified: 01 Oct 2025 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73513

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum