Aulia Isna Nidarosa, NIM.: 21104010076 (2025) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA DI SMA N 8 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA DI SMA N 8 YOGYAKARTA)
21104010076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA DI SMA N 8 YOGYAKARTA)
21104010076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan pendidikan karakter pada siswa di tengah maraknya degradasi moral generasi muda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peran guru PAI dalam menanamkan pendidikan karakter serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya di SMA N 8 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi non-partisipasi, teknik wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian diolah, dipilih lalu dianalisis menggunakan analisis deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik atau metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI berperan sebagai edukator, teladan, motivator, dan inovator dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius, kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan toleransi melalui pembelajaran di kelas, kegiatan pembiasaan, dan program sosial yang inklusif. Faktor pendukung meliputi kompetensi guru, dukungan sekolah, dan partisipasi siswa, sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu, fasilitas, serta kurangnya keterlibatan orang tua. penelitian ini menegaskan bahwa optimalisasi peran guru PAI yang konsisten, kreatif, dan kontekstual mampu membentuk karakter siswa secara efektif, meskipun diperlukan sinergi lebih kuat antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. Kata kunci: karakter, pendidikan, peran, religius.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Syarif Hidayatullah, S.Ag.,M.Ag.,M.A. |
| Uncontrolled Keywords: | karakter, pendidikan, peran, religius. |
| Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
| Depositing User: | S.Sos Sofwan Sofwan |
| Date Deposited: | 03 Oct 2025 10:19 |
| Last Modified: | 03 Oct 2025 10:19 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73541 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
