PENGARUH SELF-CONFIDENCE DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Alivia Izazi Aqmarima, NIM.: 19104040047 (2025) PENGARUH SELF-CONFIDENCE DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SELF-CONFIDENCE DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA)
19104040047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SELF-CONFIDENCE DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA)
19104040047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) bagaimana pengaruh self-confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; 2) bagaimana pengaruh disposisi matematis siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; 3) bagaimana pengaruh self-confidence dan disposisi matematis siswa secara bersama-sama terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional-kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 di tiga sekolah di Kabupaten Bantul yang memiliki kategori nilai ASPD tinggi, sedang, dan rendah. Sampel yang digunakan sebanyak 78 siswa pada seluruh sekolah tersebut, dengan metode pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu skala self-confidence dan disposisi matematis, serta tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dimana peneliti melakukan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Analisis data dilakukan dengan bantuan Microsoft excel dan SPSS 27. Hasil analisis menunjukkan: 1) Pada sekolah kategori tinggi, self-confidence menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, sedangkan pada sekolah kategori sedang dan rendah, self-confidence tidak berpengaruh yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. 2) Pada sekolah kategori tinggi, disposisi matematis menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, sedangkan pada sekolah kategori sedang dan rendah, disposisi matematis tidak berpengaruh yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa 3) Pada sekolah kategori tinggi, self-confidence dan disposisi matematis secara bersama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, sedangkan pada sekolah kategori sedang dan rendah, self-confidence dan disposisi matematis secara bersama-sama, tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Nidya Ferry Wulandari M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Self-Confidence, Disposisi Matematis, Kemampuan Komunikasi Matematika
Subjects: 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Oct 2025 08:46
Last Modified: 06 Oct 2025 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73549

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum