Hafif Syihamuddin, NIM.: 23204021019 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KAHOOT PADA SISWA KELAS XI MAN 1 KOTA METRO LAMPUNG TA. 2024-2025. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KAHOOT PADA SISWA KELAS XI MAN 1 KOTA METRO LAMPUNG TA. 2024-2025)
23204021019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (10MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KAHOOT PADA SISWA KELAS XI MAN 1 KOTA METRO LAMPUNG TA. 2024-2025)
23204021019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Kota Metro menghadapi berbagai tantangan mendasar yang berakibat pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Metode dan media pembelajaran yang masih konvensional dan monoton menjadi masalah utama. Padahal, sekolah telah memiliki fasilitas teknologi seperti smartphone, laptop, dan LCD proyektor, namun pemanfaatannya belum optimal untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji efektifitas media pembelajaran bahasa Arab digital kahoot dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas XI MAN 1 Kota Metro lampung. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MAN 1 Kota Metro Lampung. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validasi kelayakan media pembelajaran bahasa Arab digital kahoot dilakukan oleh dua validator ahli, yang terdiri dari ahli materi dan ahli media. Untuk menguji efektifitas produk, digunakan metode eksperimen one-group pre- test post- test dengan teknik analisis data menggunakan paired sample t- test dan perhitungan N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran bahasa Arab dengan kahoot yang dikembangkan dinyatakan sangat layak berdasarkan validasi ahli materi (87,06%) dan ahli media (81,33%). Uji efektivitas menggunakan paired sample t-test menunjukkan peningkatan signifikan antara nilai pre-test (rata-rata 56,67) dan post-test (rata-rata 76,39), dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Analisis N-Gain juga menunjukkan peningkatan sedang (47,11%), mengindikasikan bahwa media ini cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Nasiruddin, M.Si., M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Media Interaktif, Kahoot, Model, Bahasa Arab, Pembelajaran Digital |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 06 Oct 2025 09:21 |
| Last Modified: | 06 Oct 2025 09:21 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73561 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
