ANALISIS HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Laelatul Mutmainah, NIM.: 19104040005 (2025) ANALISIS HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA)
19104040005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA)
19104040005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan asosiatif atau korelasional. Variabel bebas penelitian ini adalah kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis matematis, sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa. Subjek penelitian ini adalah sebanyak 100 siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan melalui kuesioner dan tes tertulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui hubungan baik secara parsial maupun simultan antara variabel kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis matematis terhadap hasil belajar matematika. Kemudian pendekatan korelasional untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan secara simultan kedua variabel berhubungan positif dan signifikan dengan hasil belajar (F = 127,34; R2 = 0,724). Secara parsial kemandirian belajar berhubungan negatif yang signifikan terhadap hasil belajar (t = -2,977), sedangkan kemampuan berpikir kritis berhubungan positif dan signifikan (t = 11,999). Kesimpulannya kemandirian belajar cenderung menurun seiring meningkatnya hasil belajar, sementara berpikir kritis berkontribusi positif terhadap hasil belajar, dan keduanya secara bersama-sama memberi pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Iqbal Ramadani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar; berpikir kritis matematis; hasil belajar matematika
Subjects: 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Oct 2025 15:46
Last Modified: 09 Oct 2025 15:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73622

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum