Camela Putri Mahmouda, NIM.: 21104040039 (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) KONTEKS E-COMMERCE DENGAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) KONTEKS E-COMMERCE DENGAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK)
21104040039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) KONTEKS E-COMMERCE DENGAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK)
21104040039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD konteks e-commerce dengan metode TPS untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang layak digunakan. Produk yang dikembangkan berupa LKPD konteks e-commerce dengan metode TPS untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi peluang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE meliputi Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga dosen pendidikan matematika dan pendidik matematika sebagai validator, serta peserta didik kelas X RPL SMK YAPIIM Indramayu tahun ajaran 2025/2026. Instrumen yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara, lembar validasi LKPD, angket respons peserta didik, lembar validasi soal tes kemampuan komunikasi matematis, dan lembar soal tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak digunakan. Berdasarkan penilaian para ahli, LKPD memperoleh kriteria sangat baik dengan perolehan rata-rata 150. Kepraktisan LKPD memperoleh persentase kepraktisan 83,83% yang termasuk kriteria sangat baik. Selain valid dan praktis, ketuntasan hasil tes kemampuan komunikasi matematis sebesar 76,67% dengan kriteria baik sehingga LKPD dinyatakan efektif untuk memfasilitasi kemampuan tersebut. Hal yang dapat dijadikan sebagai saran dari penelitian ini yaitu penggunaan layanan jasa pada e-commerce, penggunaan jenis e-commerce lain seperti iklan baris (listing), shopping mall, serta jenis-jenis website crowdsourcing dan crowdfunding, peningkatan aspek kelayakan bahasa dan keberagaman soal, serta penguatan kaitan konteks e-commerce yang lebih mudah dipahai dan sesuai kemampuan peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Fina Hanifa Hidayati, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | LKPD; E-Commerce; TPS; komunikasi matematis |
| Subjects: | 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 10 Oct 2025 08:24 |
| Last Modified: | 10 Oct 2025 08:24 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73632 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
