PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN DOMINO CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

Nur Mufidatunnisa, NIM.: 21104050035 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN DOMINO CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN DOMINO CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG)
21104050035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN DOMINO CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG)
21104050035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan model Cooperative Learning tipe TGT penting karena tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan, tetapi juga melatih peserta didik dalam menganalisis masalah, mengevaluasi informasi, membuat keputusan, dan menyampaikan argumen logis. Semua itu merupakan aspek fundamental dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil pembelajaran kelas eksperimen dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT dengan media domino card dan kelas kontrol menggunakan discovery learning, (2) pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT dengan media domino card terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi getaran dan gelombang. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment serta nonequivalent control group design dengan instrumen pretest dan posttest. Subjek penelitian adalah kelas VIII 2 kelas dengan 28 anak masing-masing kelas sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Pada penelitian ini terdapat dua variabel yakni variabel bebas yaitu model pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT dan variabel terikat yakni berpikir kritis. Beberapa uji yang dilakukan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan uji effect size digunakan untuk menganalisis data. Hasil dari analisis data (1) Terdapat perbedaan hasil pembelajaran kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan hasil uji independent t-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,00 < 0,05 artinya terdapat perbedaan diantara kedua dan nilai uji paired sample t-test pada kelas eksperimen diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,00 < 0,05, dan kelas kontrol diperoleh sig.(2-tailed) 0,12 > 0,05 artinya tidak terdapat perbedaan ketika diberikan perlakuan. (2) Model pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT dengan media domino card berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis speserta didik pada materi getaran dan gelombang dari uji rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,5806 (sedang) dan nilai effect size sebesar 2,5 (tinggi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. Murtono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning Type Teams Games Tournament (TGT); critical thinking; vibrations and waves; Domino Card.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
500 Sains Murni > 530 Fisika > 530.7 Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Oct 2025 08:28
Last Modified: 10 Oct 2025 08:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73633

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum