Dhifa Rahmania Perdani, NIM.: 21104050045 (2025) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA TERINTEGRASI MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI DENGAN PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) PADA MATERI GELOMBANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA TERINTEGRASI MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI DENGAN PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) PADA MATERI GELOMBANG)
21104050045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA TERINTEGRASI MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI DENGAN PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) PADA MATERI GELOMBANG)
21104050045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan modul fisika terintegrasi mitigasi bencana gempa Bumi dengan pendekatan SETS diharapkan dapat digunakan sebagai bahan ajar tambahan untuk peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik modul, mengetahui kualitas modul, dan mengetahui respon peserta didik terhadap modul fisika terintegrasi mitigasi bencana gempa Bumi dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada materi gelombang. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan pada penelitian ini menggunakan model 4-D, yang meliputi 4 tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (development) yaitu uji coba terbatas. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini diantaranya adalah lembar validasi, lembar penilaian, dan lembar respon peserta didik. Penilaian kualitas modul dianalisis menggunakan skala Likert 1-4. Respon peserta didik dianalisis dengan skala Guttman dengan 2 skala yakni setuju dan tidak setuju. Hasil penilaian dari ahli materi, ahli media, dan guru memperoleh kriteria Sangat Baik (SB) dengan rerata skor 3,84; 3,45; dan 3,43. Respon peserta didik terhadap modul fisika terintegrasi mitigasi bencana gempa Bumi dengan pendekatan SETS termasuk kategori Setuju (S) dengan rerata skor 0,99. Peserta didik terbantu dalam pemahaman materi gelombang dan mitigasi bencana gempa Bumi yang dapat digunakan sebagai bahan ajar mandiri.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Puspo Rohmi, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | disaster mitigation; modules; SETS; waves |
| Subjects: | 500 Sains Murni > 530 Fisika > 530.7 Pendidikan Fisika |
| Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 10 Oct 2025 08:34 |
| Last Modified: | 10 Oct 2025 08:34 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73634 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
