Adisya Rahmawati, NIM.: 21104060025 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CHEMISTRY OTHELLO (CHETHO) UNTUK PENGENALAN LABORATORIUM KIMIA SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CHEMISTRY OTHELLO (CHETHO) UNTUK PENGENALAN LABORATORIUM KIMIA SMA/MA)
21104060025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CHEMISTRY OTHELLO (CHETHO) UNTUK PENGENALAN LABORATORIUM KIMIA SMA/MA)
21104060025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran kimia, sebagai bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), sangat bergantung pada kegiatan eksperimen di laboratorium. Namun, masih banyak peserta didik di tingkat SMA/MA masih mengalami kesulitan dalam memahami pengenalan dasar laboratorium karena minimnya pengalaman praktik dan kurangnya media pembelajaran yang menarik. Keterbatasan fasilitas laboratorium di sekolah dan dominasi metode pengajaran teoritis menghambat pemahaman konseptual dan keterampilan praktis peserta didik dalam pengenalan laboratorium kimia, menunjukkan kebutuhan akan media pembelajaran inovatif yang dapat mengatasi kendala ini. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan yang diberi nama Chemistry Othello (CHETHO) untuk memperkenalkan materi laboratorium kimia kepada peserta didik, serta menganalisis karakteristik dan kualitas produk tersebut berdasarkan validasi ahli dan penilaian guru kimia. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation), yang dibatasi sampai tahap pengembangan. Produk CHETHO divalidasi oleh satu ahli materi dan satu ahli media, serta dinilai kualitas produk oleh lima guru kimia SMA/MA. Hasil validasi menunjukkan bahwa media CHETHO memperoleh kategori “Sangat Baik” dari ahli materi (persentase keidealan 96,78%) dan ahli media (persentase keidealan 92,3%). Penilaian dari lima guru kimia juga mengkategorikan produk ini “Sangat Baik” dengan persentase keidealan 95%. Media ini dinilai layak digunakan dalam pembelajaran karena mampu meningkatkan pemahaman peserta didik, bersifat interaktif dan menyenangkan, serta mudah diterapkan di kelas maupun secara mandiri.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc. |
| Uncontrolled Keywords: | chemistry othello; media pembelajaran; laboratorium kimia; permainan edukatif; ADDIE. |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran 500 Sains Murni > 540 Kimia > 540.7 Pendidikan Kimia |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 10 Oct 2025 08:53 |
| Last Modified: | 10 Oct 2025 08:53 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73637 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
