PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD SISTEM KOORDINASI DENGAN QR CODE TERINTEGRASI ISLAM DAN SAINS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 2 SLEMAN

Mayang Pangempyaning Tyas, NIM.: 21104070025 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD SISTEM KOORDINASI DENGAN QR CODE TERINTEGRASI ISLAM DAN SAINS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 2 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD SISTEM KOORDINASI DENGAN QR CODE TERINTEGRASI ISLAM DAN SAINS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 2 SLEMAN)
21104070025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD SISTEM KOORDINASI DENGAN QR CODE TERINTEGRASI ISLAM DAN SAINS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 2 SLEMAN)
21104070025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterbatasan media pembelajaran yang memadai di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan media pembelajaran Flashcard sistem koordinasi dengan QR Code terintegrasi islam dan sains untuk peserta didik kelas XI di MAN 2 Sleman, 2) Mengetahui kualitas media pembelajaran Flashcard sistem koordinasi dengan QR Code terintegrasi islam dan sains untuk peserta didik kelas XI di MAN 2 Sleman, 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran Flashcard sistem koordinasi dengan QR Code terintegrasi islam dan sains untuk peserta didik kelas XI di MAN 2 Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) namun dibatasi hanya sampai tahap Development karena keterbatasan waktu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan lembar angket. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengambilan data berupa lembar angket yang di tujukkan kepada 1 ahli materi, 1 ahli media, 3 peer reviewer, 1 guru biologi, dan 15 peserta didik. Data yang di peroleh dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa 1) pengembangan media pembelajaran Flashcard sistem koordinasi dengan QR Code terintegrasi islam dan sains untuk peserta didik kelas XI di MAN 2 Sleman, 2) kualitas pengembangan media pembelajaran Flashcard sistem koordinasi dengan QR Code terintegrasi islam dan sains untuk peserta didik kelas XI di MAN 2 Sleman secara keseluruhan memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase 91 %, 3) respon peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran Flashcard sistem koordinasi dengan QR Code terintegrasi islam dan sains untuk peserta didik kelas XI di MAN 2 Sleman diterima Sangat Baik (SB) dengan persentase 84 %. Dengan demikian, maka pengembangan media pembelajaran Flashcard sistem koordinasi dengan QR Code terintegrasi islam dan sains untuk peserta didik kelas XI di MAN 2 Sleman memiliki kualitas sangat baik dan layak digunakan untuk peserta didik dan guru dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dian Noviar, S.Pd., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Flashcard; QR Code; coordination system; Islam and Science; learning media
Subjects: 500 Sains Murni > 570 Biologi, Ilmu Hayat > 570.7 Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Oct 2025 09:54
Last Modified: 10 Oct 2025 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73640

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum