Ni’matul Maula, NIM.: 21104080069 (2025) ANALISIS PELAKSANAAN P5 TEMA BANGUNLAH JIWA DAN RAGANYA SEBAGAI UPAYA PENGENALAN KEBIASAAN DIRI DAN KEBUTUHAN TUBUH PESERTA DIDIK KELAS IIB SD NEGERI NOGOPURO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (ANALISIS PELAKSANAAN P5 TEMA BANGUNLAH JIWA DAN RAGANYA SEBAGAI UPAYA PENGENALAN KEBIASAAN DIRI DAN KEBUTUHAN TUBUH PESERTA DIDIK KELAS IIB SD NEGERI NOGOPURO YOGYAKARTA)
21104080069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
|
Text (ANALISIS PELAKSANAAN P5 TEMA BANGUNLAH JIWA DAN RAGANYA SEBAGAI UPAYA PENGENALAN KEBIASAAN DIRI DAN KEBUTUHAN TUBUH PESERTA DIDIK KELAS IIB SD NEGERI NOGOPURO YOGYAKARTA)
21104080069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Kurangnya pemahaman pendidik mengenai pelaksanaan P5, ketidaksesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan P5, keterbatasan dana pada pelaksanaan P5, dan peserta didik belum membiasakan diri untuk menjaga kesehatan tubuh dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan P5 tema Bangunlah Jiwa dan Ranya sebagai Upaya Pengenalan Kebiasaan Diri dan Kebutuhan Tubuh Peserta Didik Kelas IIB SD Negeri Nogopuro Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang dilaksanakan di SD Negeri Nogopuro Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan peserta didik. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa, (1) pelaksanaan P5 di SD Negeri Nogopuro Yogyakarta sudah sesuai dengan panduan P5 mulai dari tahap pemahaman, kesiapan ekosistem sekolah, desain, pengelolaan, dokumentasi dan pelaporan hasil, serta evaluasi dan tindak lanjut P5. (2) faktor pendukung meliputi: lingkungan sekolah dan orang tua yang mendukung, penggunaan sumber belajar yang beragam, dan peran aktif guru sebagai fasilitator. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: kurangnya pelatihan dari Dinas Pendidikan dan alokasi waktu yang terlalu padat.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Nisa Syuhda, S.S., M.Hum. |
| Uncontrolled Keywords: | Profil Pelajar Pancasila (P5), Pelaksanaan P5, Kebiasaan Diri |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 14 Oct 2025 11:06 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 11:06 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73652 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
