PERANCANGAN BISNIS PLATFORM REBOOST SEBAGAI SOLUSI KOLABORATIF DIGITAL ANTARA UMKM DAN KONTEN KREATOR

Zulfahmi M. Ardianto, NIM.: 21106050009 (2025) PERANCANGAN BISNIS PLATFORM REBOOST SEBAGAI SOLUSI KOLABORATIF DIGITAL ANTARA UMKM DAN KONTEN KREATOR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANCANGAN BISNIS PLATFORM REBOOST SEBAGAI SOLUSI KOLABORATIF DIGITAL ANTARA UMKM DAN KONTEN KREATOR)
21106050009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERANCANGAN BISNIS PLATFORM REBOOST SEBAGAI SOLUSI KOLABORATIF DIGITAL ANTARA UMKM DAN KONTEN KREATOR)
21106050009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Transformasi digital mendorong perubahan besar dalam strategi pemasaran, namun banyak pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia masih mengalami kesulitan dalam menjangkau pasar digital karena keterbatasan sumber daya dan pengetahuan teknis. Di sisi lain, pertumbuhan pesat ekonomi kreator membuka peluang kolaborasi baru antara UMKM dan konten kreator. Skripsi ini merancang model bisnis platform Reboost sebagai solusi kolaboratif digital untuk mempertemukan UMKM dengan konten kreator, khususnya di segmen nano dan mikro. Melalui pendekatan Concierge Minimum Viable Product (MVP), platform ini dikembangkan secara bertahap dengan validasi langsung dari pengguna awal. Analisis dilakukan terhadap aspek model bisnis, strategi monetisasi, struktur organisasi, dan kelayakan finansial. Hasilnya menunjukkan bahwa Reboost memiliki potensi bisnis yang layak, dengan nilai NPV positif, ROI yang menguntungkan, serta proyeksi break-even point yang realistis. Reboost diharapkan menjadi jembatan strategis bagi UMKM untuk meningkatkan visibilitas digital serta menjadi jalur profesionalisasi bagi konten kreator lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. Muhammad Mustakim, S.T. M.T.
Uncontrolled Keywords: UMKM; konten kreator; perancanaan bisnis; platform digital; kolaborasi; pemasaran
Subjects: 000 Ilmu Komputer, Ilmu Informasi, dan Karya Umum > 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Informatika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 14 Oct 2025 08:24
Last Modified: 14 Oct 2025 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73671

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum