SAMA’ DALAM TAREKAT MAULAWIYAH Perspektif SEYYED HOSSEIN NASR

Hasna’ Huriyah Zalfa’, NIM.: 21105010063 (2025) SAMA’ DALAM TAREKAT MAULAWIYAH Perspektif SEYYED HOSSEIN NASR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SAMA’ DALAM TAREKAT MAULAWIYAH Perspektif SEYYED HOSSEIN NASR)
21105010063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SAMA’ DALAM TAREKAT MAULAWIYAH Perspektif SEYYED HOSSEIN NASR)
21105010063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Musik telah menjadi bagian yang integral dalam kehidupan manusia walaupun masih menjadi hal yang kontroversial. Hal itu bisa kita buktikan dengan melihat keberadaan musik tidak bisa dipisahkan dalam segala aspek aktifitas manusia. Dia tidak hanya sekedar dapat didengarkan, namun dia dapat memengaruhi jiwa seseorang sebagaimana watak musik tersebut. Selain itu musik juga memiliki peran penting serta pengaruh yang besar dalam membentuk perubahan dalam suatu masyarakat atau peradaban. Dalam penelitian ini, akan menyoroti secara komperhensif dan mendalam terkait dengan fenomena musik spiritual atau Sama’ Tarekat Maulawiyah guna membantu memberitahu rahasia mengenal Tuhan melalui perspektif pemikiran Seyyed Hossein Nasr. Penelitian yang dilakukan penulis ini, merupakan penelitian kualitatif dengan berbasis pada riset kepustakaan atau library research. Penelitian ini akan berfokus pada dua pertanyaan besar yang telah dirumuskan penulis; (1) Bagaimana Sama’ Tarekat Maulawiyah? (2) Bagaimana Sama’ dalam Tarekat Maulawiyah menurut pandangan Seyyed Hossein Nasr? Dengan tujuan; (1) Mengkaji serta mengidentifikasi karakteristik serta bentuk Sama’ dalam Tarekat Maulawiyah (2) Mengkaji serta memahami interpretasi Seyyed Hossein Nasr terhadap Sama’ dalam Tarekat Maulawiyah. Untuk mempermudah penulis dalam menjelaskan ketiga pertanyaan tersebut, dalam penelitian ini penulis menggunakan dua metode analisis data; (1) Interpretasi. Metode interpretasi mencoba untuk memahami makna yang bisa ditemukan dengan refleksi serta pemahaman lebih luas di dalam teks (2) Deskripsi. Sedangkan metode analisis deskriptif merupakan jenis pendekatan yang mencoba untuk menjelaskan penelitian secara sistematis dan logis supaya menghasilkan gambaran secara utuh dari objek penelitian. Dalam penelitian ini, penulis mendapat beberapa temuan penting, yakni; (1) Sama’ sebagai media transendensi dan transformasi spiritual. Sama’ bukan sekedar bentuk pertunjukan tarian darwish yang berputar, namun sebuah rangkaian ritual yang meliputi na’at (pujian kepada Nabi), taksim (improvisasi musik maqom), gerakan tubuh simbolis, empat salam, serta pembacaan Al-Qur’an dan doa. Setiap bagian dalam Sama’ menunjukan dimensi estetika serta simbolik yang berperan sebagai sarana yang mempertemukan antara ekspresi seni dengan dimensi spiritual yang mendalam (2) Pentingnya dasar spiritual dan pengawasan syariat. Seyyed Hossein Nasr menekankan bahwa pengalaman mistik melalui musik hanya bisa diperoleh oleh mereka yang telah melalui tahapan-tahapan penyucian diri, seperti kezuhudan, latihan spiritual yang disiplin, serta kepatuhan kepada bimbingan guru sufi. Tanpa ada dasar tersebut maka musik akan menjadi hiburan emosional saja serta berpeluang menyimpang dari aturan syariat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Ali Usman, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: sama’; Seyyed Hossein Nasr; tarekat maulawiyah
Subjects: TASAWUF > Tareqoh / Tarekat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Oct 2025 08:52
Last Modified: 16 Oct 2025 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73740

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum