MUJAB INDRA FATA, NIM.: 21104020023 (2025) TA’THIR FAHM ‘ILM AL NAHW WA AL SARF ‘ALA JAUDAH AL TARJAMAH LI AL TULAB AL SAFF AL THALITH FI MADRASAH AL DINIYAH AL SALAFIYYAH AL RABI’AH AL MUNAWWIR MAJMA’ L FI AL ‘AM AL DIRASY 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (TA’THIR FAHM ‘ILM AL NAHW WA AL SARF ‘ALA JAUDAH AL TARJAMAH LI AL TULAB AL SAFF AL THALITH FI MADRASAH AL DINIYAH AL SALAFIYYAH AL RABI’AH AL MUNAWWIR MAJMA’ L FI AL ‘AM AL DIRASY 2024/2025)
21104020023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (TA’THIR FAHM ‘ILM AL NAHW WA AL SARF ‘ALA JAUDAH AL TARJAMAH LI AL TULAB AL SAFF AL THALITH FI MADRASAH AL DINIYAH AL SALAFIYYAH AL RABI’AH AL MUNAWWIR MAJMA’ L FI AL ‘AM AL DIRASY 2024/2025)
21104020023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pemahaman ilmu nahwu dan sharaf terhadap kualitas penerjemahan peserta didik kelas tsalits di Madrasah Diniyyah Salafiyyah IV Al-Munawwir Komplek L Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas tsalits, dengan sampel sebanyak 31 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes objektif berupa soal pilihan ganda dan uraian, baik untuk variabel pemahaman ilmu nahwu dan sharaf, maupun variabel kualitas penerjemahan. Teknik analisis data dilakukan dengan uji regresi linier berganda menggunakan bantuan software SPSS Ver.25. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tingkat pemahaman ilmu nahwu dan sharaf peserta didik kelas tsalits Madrasah Diniyyah Salafiyyah IV Al-Munawwir, (2) tingkat kualitas penerjemahan peserta didik, dan (3) pengaruh pemahaman ilmu nahwu dan sharaf terhadap kualitas penerjemahan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata nilai tingkat pemahaman ilmu nahwu sebesar 28,22, rata-rata nilai tingkat pemahaman ilmu sharaf sebesar 27,09. (2) rata-rata nilai kualitas penerjemahan sebesar 26,45. Dari rata-rata nilai yang didapatkan, menunjukkan bahwa pemahaman ilmu nahwu dan sharaf peserta didik kelas tsalits berada pada kategori sedang, begitu pula dengan kualitas penerjemahan mereka. Berdasarkan hasil uji regresi, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemahaman ilmu nahwu dan sharaf terhadap kualitas penerjemahan peserta didik, dengan kontribusi pengaruh sebesar 37,4%.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Prof. Dr. Abdul Munip, S.Ag., M.Ag. |
| Uncontrolled Keywords: | Ilmu Nahwu, Ilmu Sharaf, Kualitas Penerjemahan, Madrasah Diniyyah |
| Subjects: | 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.7 Arabic/Bahasa Arab Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
| Depositing User: | Widiyastuti, M.IP |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 11:37 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 11:37 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73793 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
