USAHA GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA MTs NEGRI KARANGANYAR SURAKARTA JAWA TENGAH

Hadi Nuryanto, NIM.: 90421116 (1997) USAHA GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA MTs NEGRI KARANGANYAR SURAKARTA JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (USAHA GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA MTs NEGRI KARANGANYAR SURAKARTA JAWA TENGAH)
90421116_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (USAHA GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA MTs NEGRI KARANGANYAR SURAKARTA JAWA TENGAH)
90421116_BAB II sampai BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Usaha Guru dalam Memotivasi Belajar Bahasa Arab pada Siswa MTs Negeri Karanganyar Surakarta Jawa Tengah.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar bahasa Arab pada siswa serta faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru bahasa Arab dan siswa MTs Negeri Karanganyar Surakarta. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan aktif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan berbagai strategi, di antaranya: penggunaan metode pembelajaran yang variatif dan menarik (seperti permainan bahasa dan percakapan langsung), pemberian penghargaan atau pujian terhadap hasil belajar siswa, pembentukan suasana belajar yang menyenangkan, serta penanaman kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai bahasa agama dan ilmu pengetahuan. Selain itu, guru juga berupaya mendekatkan diri dengan siswa untuk memahami kesulitan belajar mereka dan memberikan bimbingan secara personal. Faktor pendukung dalam usaha tersebut meliputi dukungan sekolah, fasilitas pembelajaran yang memadai, serta semangat religius siswa. Adapun faktor penghambatnya antara lain kurangnya waktu pembelajaran, perbedaan latar belakang kemampuan siswa, dan minimnya praktik berbahasa di luar kelas. Kesimpulannya, usaha guru dalam memotivasi belajar bahasa Arab di MTs Negeri Karanganyar Surakarta cukup berhasil karena didukung oleh pendekatan yang humanis, kreatif, dan berorientasi pada kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. Rahmat Sujud - Digitalisasi
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, guru, pembelajaran bahasa Arab, siswa MTs.
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.707 6 Bahasa Arab - Metode Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Widiyastuti, M.IP
Date Deposited: 20 Oct 2025 14:20
Last Modified: 20 Oct 2025 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73810

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum