EFEKTIVITAS METODE RESITASI DALAM PENGAJARAN AL QUR'AN HADITS DI KELAS III MTS AL HIKMAH II BENDA SIRAMPOG BREBES

Maesarokh, NIM.: 90411375 (1996) EFEKTIVITAS METODE RESITASI DALAM PENGAJARAN AL QUR'AN HADITS DI KELAS III MTS AL HIKMAH II BENDA SIRAMPOG BREBES. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE RESITASI DALAM PENGAJARAN AL QUR'AN HADITS DI KELAS III MTS AL HIKMAH II BENDA SIRAMPOG BREBES)
90411375_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE RESITASI DALAM PENGAJARAN AL QUR'AN HADITS DI KELAS III MTS AL HIKMAH II BENDA SIRAMPOG BREBES)
90411375_BAB II sampai BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pelajaran Al-Qur'an Hadits memiliki materi yang cukup banyak namun dengan alokasi waktu yang relatif terbatas, sehingga diperlukan metode pengajaran yang mampu mengaktifkan dan mengkreatifkan siswa, yaitu metode resitasi atau pemberian tugas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan diutamakannya metode resitasi dan mengukur efektivitas penerapannya dalam pengajaran Al-Qur'an Hadits pada siswa kelas III MTs Alhikmah II Benda Sirampog Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan gabungan kualitatif dan kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes yang dilakukan kepada sampel 44 siswa dari 220 siswa kelas III, serta kepala sekolah dan guru Al-Qur'an Hadits. Analisis data kuantitatif menggunakan rumus t-test (uji-t) untuk menguji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor prestasi belajar siswa yang signifikan, di mana nilai tes meningkat setelah diterapkan metode resitasi. Dengan demikian, disimpulkan bahwa metode resitasi memiliki pengaruh positif dan efektif dalam mengembangkan potensi kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa dalam pelajaran Al-Qur'an Hadits.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. Tasman Hamami dan Dra. Hj. Afiyah, AS - Digitalisasi
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Al-Qur'an Hadits, Prestasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Oct 2025 15:44
Last Modified: 20 Oct 2025 15:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73813

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum