STUDI PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN TEKNOLOGI AL ABIDIN SURAKARTA

Muh Zainal Ngabidin, NIM.: 94412694 (2000) STUDI PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN TEKNOLOGI AL ABIDIN SURAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN TEKNOLOGI AL ABIDIN SURAKARTA)
94412694_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (29MB) | Preview
[img] Text (STUDI PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN TEKNOLOGI AL ABIDIN SURAKARTA)
94412694_BAB II sampai BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

enelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan Pondok Pesantren Teknologi Al Abidin Surakarta sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam modern di Indonesia yang berupaya mengintegrasikan ajaran agama (tradisi pesantren) dengan kemahiran teknologi terapan, menjadikannya sebuah model yang menarik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara komprehensif (1) tujuan pendidikan Islam, (2) pelaksanaan pendidikan Islam, serta (3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan di Pondok Pesantren Teknologi Al Abidin Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian meliputi pengurus, pengasuh, dan santri. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan penyebaran angket (kuesioner) kepada santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Teknologi Al Abidin Surakarta berhasil melaksanakan pendidikan Islam yang seimbang dengan mengintegrasikan kurikulum keagamaan dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), terbukti dari materi dan metode pengajaran yang mencakup keduanya. Faktor pendukung utama adalah visi lembaga yang progresif, sedangkan faktor penghambat yang dihadapi adalah keterbatasan sarana dan prasarana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pesantren modern berbasis teknologi ini efektif dan relevan dalam melahirkan lulusan yang memiliki karakter keagamaan yang kuat sekaligus menguasai keterampilan teknologi, sesuai dengan tuntutan zaman modern. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Pondok Pesantren Teknologi, Pelaksanaan Pendidikan, Pesantren Modern, Integrasi IPTEK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dra. Hj. Meizer, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Pondok Pesantren Teknologi, Pelaksanaan Pendidikan, Pesantren Modern, Integrasi IPTEK.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Oct 2025 09:53
Last Modified: 23 Oct 2025 13:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73867

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum