PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KALAM PADA MTS NEGERI 9 SLEMAN

Saariah, NIM.: 23204021003 (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KALAM PADA MTS NEGERI 9 SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM PADA MTS NEGERI 9 SLEMAN)
23204021003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM PADA MTS NEGERI 9 SLEMAN)
23204021003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat mahārah alkalām siswa MTs Negeri 9 Sleman karena pembelajaran masih didominasi metode ceramah dan media yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan, dan menguji efektivitas multimedia berbasis video animasi dalam pembelajaran mahārah al-kalām. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji coba adalah 32 siswa kelas VII D MTs Negeri 9 Sleman, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Validasi kelayakan media video animasi dilakukan oleh enam validator yang terdiri dari tiga ahli materi dan tiga ahli desain. Analisis data meliputi uji validitas, uji efektivitas berdasarkan aktivitas siswa dan angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran multimedia berbasis video animasi memperoleh kategori “Sangat Layak” berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, dan guru bahasa Arab. Respon siswa terhadap media ini juga sangat positif dengan persentase berada pada kategori “Sangat Baik”. Selain itu, aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat secara signifikan, ditunjukkan oleh hasil perhitungan persentase aktivitas yang berada pada kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, multimedia berbasis video animasi dinyatakan efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara mahārah al-kalām siswa kelas VII MTs Negeri 9 Sleman.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Dr. Muhajir, S.Pd.I., M.SI.
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Video Animasi, Maharah Al-Kalam
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Oct 2025 11:26
Last Modified: 27 Oct 2025 11:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73885

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum