Majid, NIM.: 94422931 (2000) PENERAPAN NAZARIYATUL WAHDAH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI TUBAN I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENERAPAN NAZARIYATUL WAHDAH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI TUBAN I)
94422931_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (27MB) | Preview |
|
|
Text (PENERAPAN NAZARIYATUL WAHDAH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI TUBAN I)
94422931_BAB II sampai BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran penting Bahasa Arab sebagai bahasa internasional dan bahasa sumber ajaran Islam, serta adanya permasalahan rendahnya kemampuan berbahasa Arab siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tuban I, meskipun pendekatan Nazariyatul Wahdah telah diterapkan. Pendekatan Nazariyatul Wahdah sendiri merupakan konsep yang memandang seluruh cabang bahasa Arab sebagai satu kesatuan utuh yang tidak dipisah-pisah. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara rinci pelaksanaan pendekatan Nazariyatul Wahdah dalam pengajaran Bahasa Arab dan menganalisis faktor-faktor pendukung maupun penghambat implementasinya di MAN Tuban I. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan subjek siswa kelas II MAN Tuban I. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kualitatif (deduktif dan induktif) dan kuantitatif (persentase). Hasil dan kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Nazariyatul Wahdah dalam pengajaran Bahasa Arab di MAN Tuban I belum terlaksana secara penuh dan optimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor penghambat, termasuk kurang memadainya sarana dan prasarana, alokasi waktu yang minim, serta tingkat pengetahuan berbahasa Arab siswa yang heterogen. Namun, terdapat faktor pendukung seperti perhatian guru terhadap siswa dan ketersediaan buku paket pembelajaran Bahasa Arab yang relevan. Kata Kunci: Nazariyatul Wahdah, Pengajaran Bahasa Arab, MAN Tuban I, Metode Pengajaran, Faktor Penghambat.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Drs. ZAENAL ARIFIN AHMAD, M.A. |
| Uncontrolled Keywords: | Nazariyatul Wahdah, Pengajaran Bahasa Arab, MAN Tuban I, Metode Pengajaran, Faktor Penghambat. |
| Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
| Depositing User: | S.Sos Sofwan Sofwan |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 09:42 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 09:42 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73890 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
