STUDI TENTANG PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM DI YAYASAN PENDIDIKAN PESANTREN TASYWIRIYAH BALAPULANG WETAN KAB. TEGAL ( SUATU TINJAUAN SISTEM DAN METODE )

Muchammad Aminuddin, NIM.: 90411364 (1996) STUDI TENTANG PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM DI YAYASAN PENDIDIKAN PESANTREN TASYWIRIYAH BALAPULANG WETAN KAB. TEGAL ( SUATU TINJAUAN SISTEM DAN METODE ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI TENTANG PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM DI YAYASAN PENDIDIKAN PESANTREN TASYWIRIYAH BALAPULANG WETAN KAB. TEGAL ( SUATU TINJAUAN SISTEM DAN METODE ))
90411364_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25MB) | Preview
[img] Text (STUDI TENTANG PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM DI YAYASAN PENDIDIKAN PESANTREN TASYWIRIYAH BALAPULANG WETAN KAB. TEGAL ( SUATU TINJAUAN SISTEM DAN METODE ))
90411364_BAB II sampai BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan Islam di Yayasan Pendidikan Pesantren Tasywiriyah Balapulang Wetan Kabupaten Tegal ditinjau dari sistem dan metode pengajarannya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya lembaga pendidikan Islam dalam membentuk pribadi muslim yang berilmu dan berakhlak, serta perlunya koordinasi antara sistem dan metode pengajaran agar proses belajar mengajar berjalan efektif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan lapangan (field research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran angket kepada pimpinan yayasan, guru, tenaga administrasi, serta peserta didik. Analisis data dilakukan secara deduktif, induktif, dan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan Islam di Yayasan Pendidikan Pesantren Tasywiriyah berjalan dengan sistem klasikal yang terstruktur, mencakup kurikulum agama dan umum. Metode yang digunakan antara lain ceramah, tanya jawab, hafalan, dan demonstrasi, dengan penekanan pada pendidikan akhlak dan disiplin santri. Evaluasi dilakukan melalui ujian tertulis, lisan, dan pengamatan perilaku. Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan meliputi komitmen guru, dukungan masyarakat, dan fasilitas yayasan, sementara hambatannya antara lain keterbatasan sarana dan tingkat kedisiplinan siswa yang bervariasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem dan metode pengajaran yang diterapkan di Pesantren Tasywiriyah telah berjalan cukup efektif dalam mencapai tujuan pendidikan Islam, yaitu membentuk insan yang beriman, berilmu, dan berakhlak mulia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. H. Abdus Shomad. MA - Digitalisasi
Uncontrolled Keywords: pendidikan Islam, sistem klasikal, metode pengajaran, pesantren, Tasywiriyah.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Widiyastuti, M.IP
Date Deposited: 24 Oct 2025 09:57
Last Modified: 24 Oct 2025 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73892

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum