Illiyin Choiriyah, NIM.: 93412351 (1998) UPAYA PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN/MADRASAH ISLAMIYAH SALAFIYAH BADAN PENDIDIKAN AN-NAHL (BAPENDAN) DALAM MENINGKATKAN KEHIDUPAN BERAGAMA ISLAM DI KECAMATAN KARANGNONGKO KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (UPAYA PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN/MADRASAH ISLAMIYAH SALAFIYAH BADAN PENDIDIKAN AN-NAHL (BAPENDAN) DALAM MENINGKATKAN KEHIDUPAN BERAGAMA ISLAM DI KECAMATAN KARANGNONGKO KLATEN)
93412351_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (15MB) | Preview |
|
|
Text (UPAYA PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN/MADRASAH ISLAMIYAH SALAFIYAH BADAN PENDIDIKAN AN-NAHL (BAPENDAN) DALAM MENINGKATKAN KEHIDUPAN BERAGAMA ISLAM DI KECAMATAN KARANGNONGKO KLATEN)
93412351_BAB II sampai BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Kehadiran Pondok Pesatren di tengah-tengah masyarakat sebagai Lembaga Pendidikan, dakwah (perjuangan) dan pengembangan masyarakat, telah mendapat tempat tersendiri dalam hati mereka, terutama di pedesaan. Pondok Pesantren Darul Qur'an/Madrasah Darul Islamiyah Salafiyah Badan Pendidikan An-Nahadi (Bapendan) merupakan pusat pendidikan keagamaan tradisional dari masyrakat desa yang dipimpin seorang kyai. Eksistensi Pondok Pesantren ini dalam upaya untuk meningkatkan kehidupan beragama Islam di Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sedangkan metode pengumpulan data dengan metode interview, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini adalah 1. Aktivitas-aktivitas yang dilakukan pondok pesantren Darul Qur·an/Madrasah Islamiyah Salafiyah Badan Pendidikan An-Nahadi (Bapendan) dalam upaya meningkatkan kehidupan beragama Islam adalah dengan melalui pendidikan, baik itu formal maupun non formal, dengan melalui bidang dakwah, ketrampilan, seni dan olah raga, bidang layanan masyarakat dan bidang fisik. 2. Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan sudah berjalan dengan baik dan lancar meskipun masih ada kekurangan-kekurangannya. 3. Faktor-faktor yang menjadikan pendukung dari kegiatan pondok pesantren ini berdasarkan data-data yang ada adalah: a). Jiwa keagamaan, b). Dukungan dan perhatian dari pemerintah. 4. Faktor-faktor yang menghambat dari kegiatan pondok pesantren ini adalah : a. Faktor Intern dan Faktor ekstern. 5. Hasil-hasil yang dicapai pondok pesantren Darul Qur'an Madrasah Islamiyah Bapendan dalam Salafiyah meningkatkan kehidupan beragama Islam adalah: a. Bidang Pendidikan, b. Bidang Dakwah, c. Bidang Ketrampilan, d. Bidang Layanan Masyarakat, e. Bidang seni dan olah raga, f. Bidang Fisik.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Drs. Zainal Abidin - Digitalisasi |
| Uncontrolled Keywords: | pondok pesantren; keadaan Kyai; santri; kehidupan beragama |
| Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 16:12 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 16:12 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73910 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
