Nurmawati, NIM.: 93412433 (1999) STUDI TENTANG SISTEM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN IQRO’ DESA WONODADI, KECAMATAN GADINGREJO, KABUPATEN TANGGAMUS, LAMPUNG (TINJAUAN MATERI DAN METODE PENDIDIKAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (STUDI TENTANG SISTEM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN IQRO’ DESA WONODADI, KECAMATAN GADINGREJO, KABUPATEN TANGGAMUS, LAMPUNG (TINJAUAN MATERI DAN METODE PENDIDIKAN))
93412433_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (18MB) | Preview |
|
|
Text (STUDI TENTANG SISTEM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN IQRO’ DESA WONODADI, KECAMATAN GADINGREJO, KABUPATEN TANGGAMUS, LAMPUNG (TINJAUAN MATERI DAN METODE PENDIDIKAN))
93412433_BAB II sampai BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Pesantren merupakan suatu lembaga pendidikan yang turut menyiapkan generasi-generasi penerus bangsa yang cerdas, beriman, dan bertaqwa. Melalui lembaga inilah para santri dididik dan dilatih sebagai bekal bila nanti mereka terjun di masyarak:at. Di dalam pondok pesantren berlangsung kegiatan belajar mengajar sebagaimana lembagalembaga pendidkan umum, seperti sekolah dan madrasah. Dalam kegiatan belajar mengajar diperlukan komponen materi dan metode. Materi dan metode harus memiliki kesesuaian dengan tujuan maka pendidikan tersebut agar berhasil. Hal inilah yang akan peneliti lakukan secara khusus mengenai materi dan metode yang diterapkan di pondok pesantren lqro' Desa Wonodadi, kecamatan Gadingrejo, kabupaten Tanggamus, Lampung. Subjek penelitian ini dengan populasi dan Teknik sampel. Kemudian metode pengambilan data dengan metode interview (wawancara), observasi, dokumentasi dan angket. Analisa data dengan deskriptif analitik meliputi metode indukttif dan deduktif. Kesimpulan penelitian ini adalah materi pembelajaran di pesantren Pondok Pesantren Iqro’ Desa Wonodadi, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Tanggamus, Lampung tersebut terbagi menjadi dua jenis, yaitu materi tekstual dan materi amaliyah. Materi tekstual mencakup enam pelajaran utama: Fiqih, Hadis, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Tauhid, Akhlak, dan Tafsir yang diajarkan secara bertingkat sesuai kemampuan santri. Sementara itu, materi amaliyah meliputi kegiatan keagamaan seperti ceramah, shalat malam, dan puasa sunnah yang bertujuan membentuk santri menjadi pribadi berilmu dan berakhlak. Dalam pelaksanaannya, digunakan delapan metode pembelajaran: ceramah, latihan, tanya jawab, diskusi, menghafal, almau‘idhoh, uswatun hasanah, dan qishah. Metode-metode ini dinilai efektif dan umum digunakan di berbagai lembaga pendidikan, sehingga proses belajar di Pondok Pesantren Iqro’ dapat berlangsung dengan baik dan lancar.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Drs. H. Muallif Syahlani - Digitalisasi |
| Uncontrolled Keywords: | kurikulum; metode Pendidikan; pengasuh |
| Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 12:12 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 12:12 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73945 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
