PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL FITRAH JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA

Hamid Abdul Basit, NIM.: 93412434 (1999) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL FITRAH JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL FITRAH JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
93412434_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL FITRAH JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
93412434_BAB II sampai BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Mencari ilmu adalah merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam baik laki-laki maupun perempuan. Oleh karena itu pondok pesantren dapat merupakan suatu lembaga pendidikan dan wadah bagi generasi muda dalam rangka melakanakan kewajibannya yaitu menuntut ilmu. Sehingga juga merupakan suatu hal yang menarik bagi penulis untuk mengadakan penelitian tentang bagaimana proses pelaksanaan belajar mengajar pendidikan agama Islam di pondok pesantren Al Fithrah Jejeran Wonokromo Pleret Bantu) Yogyakarta, sebagai salah satu pondok pesantren yang juga menampung generasi muda untuk menuntut ilmu­ilmu agama Islam. Subjek penelitian ini adalah pengasuh, Ustadz, Pengurus dan Santri (siswa). Untuk metode pengumpulan data dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Penelitian ini berifat kualitatif dengan analisis data induktif dan deduktif. Kesimpulan penelitian ini: 1. Melalui proses kegiatan belajar mengajar dalam pendidikan agama Islam yang dilaksanakan pondok pesantren Al Fithrah Jejeran telah banyak memberikan peran dan sumbangannya dalam meningkatkan pengertian, pemahaman dan pengamalan ajaran-ajaran agama lslam khususnya bagi para santri yang belajar di dalamnya, dan umumnya juga bagi masyerakat Jejeran dan sekitarnya. 2. Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, pondok pesantren Al Fithrah menggunakan beberapa sistem pengajaran yaitu: Sistem sorogan, bandongan dan sistem madrasah (klasikal). 3. Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, di pondok pesantren Al Fithrah Jejeran terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor-faktor tersebut adalah: a. Faktor Peodukung: 1). Dari dalam, kedisiplimm parn ustadz dalam mengajar, kemampuan ustadz dalam menarik perhatian dan dalam memanfaatkan suasana, kesungguhan para santri dalam mengikuti pelajarn.n dan juga daJam mengikuti kegiatan yang ada, clan tersedi,mya sarana dan prasarana yaug cukup memadai. 2). Dari luar : keadaan wilayah atau lingkungan yan.s strntegis dan jauh dari kebisingan kota, keadaru1 masyarakat yang mayoritas beragruna Islam serta keadaan masyarakat sekitar yang mudah diajak kerja sama. b. Faktor penghambat, Terbatasnya dana yang tersedia untuk lebih meningkatkan lagi mutu keberadaan pondok pesantren, masih banyaknya santri yang terlambat dalam membayar syahriyah yang lial itu akrm mempen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Drs. Ahmad Warid, MA - Digitalisasi
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Oct 2025 13:29
Last Modified: 27 Oct 2025 13:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73948

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum