EFEKTIVITAS PENERAPAN BUKU QIRAATI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL- QURAN DI TPQ NURUL ITTIHAD DESA TAYU WETAN KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI

Titik Ulfatin Khoiriyah, NIM.: 93412493 (1999) EFEKTIVITAS PENERAPAN BUKU QIRAATI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL- QURAN DI TPQ NURUL ITTIHAD DESA TAYU WETAN KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN BUKU QIRAATITERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL- QURAN DI TPQ NURUL ITTIHAD DESA TAYU WETAN KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI)
93412493_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN BUKU QIRAATITERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL- QURAN DI TPQ NURUL ITTIHAD DESA TAYU WETAN KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI)
93412493_BAB II sampai BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

TPQ Nurul Ittihad berdiri pada tahun 1990, memiliki misi untuk membimbing dan membina generasi muda Islam, khususnya yang ada di Tayu Wetan, supaya terbebas dari buta huruf baca tulia al-Qur·an. Karena sebelum TPQ Nurul Ittihad ini berdiri, generasi muda Islam di Tayu Wetan yang mendapat Pendidikan dan pengajaran al-Qur·an sangatlah minim. Sebagian besar tidak bisa membaca dan menulis Al-Qur’an. TPQ Nurul Ittihad menggunakan buku Iqra’ sebagai acuan pokok pengajarannya. Berawal dari sinilah penulis tertarik untuk meneliti lebih jauh tentang keberhasilan yang dicapai oleh TPQ Nurul Ittihad Tayu Wetan dalam memberikan pendidikan dan pengajaran al-Qur·an dengan menerapkan buku qiraati sebagai acuan pokoknya. Subyek penelitian ini adalah: Pimpinan TPQ Nurul Ittihad, Ustadz/Ustadzah, dan Sanri TPQ 81 orang. Metode pengumpula data dengan metode observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisa data menggunakan Analisa kualitatif dan kuantitatif. Kesimpulan penelitian adalah: 1. Pengajaran membaca al-Qur·an dengan buku qiraati di TPQ Nurul Ittihad telah dilaksanakan secara haik seauaj ctengan tujuan yang telah di tetapkan, yai tu aant,ri dapat. membaca al-·Qur· an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. 2. Belajar membaca al-Qur·an dengan buku qiraati di TPQ Nurul Ittihad terbukti kurang efektif dari segi waktu, namun bilk dari segi kua]itas. 3. Pengajaran membaca al-Qur· an di. TPQ Nurul Itt:Jhad tidak terlepas dari faktor pendukung dan penghambatnya (sisi positif) dan negatifnya). Segi positif yaitu anya upaya pihak TPQ untuk memberikan kualitas pengajaran membaca al-Qur’an yang optimal dan didukung oleh kemauan santri yang kuat untuk belajar. Segi negatifnya yaltu pengajaran yang sangat ketat sehingsa waktu belajarpun relatif lama akibatnya santri banyak yang bosan dan keluar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. H. Mangun Budiyanto - Digitalisasi
Uncontrolled Keywords: santri; buku qiro’ati; membaca al-Qur’an
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Oct 2025 14:28
Last Modified: 27 Oct 2025 14:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73960

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum