PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI KARYAWAN-KARYAWATI DI PT TIP SIMBANG WETAN PEKALOGAN (KAJIAN TENTANG TUJUAN, MATERI DAN METODE)

Hanik Sufairoh Faza, NIM.: 93412495 (1998) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI KARYAWAN-KARYAWATI DI PT TIP SIMBANG WETAN PEKALOGAN (KAJIAN TENTANG TUJUAN, MATERI DAN METODE). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI KARYAWAN-KARYAWATI DI PT TIP SIMBANG WETAN PEKALOGAN (KAJIAN TENTANG TUJUAN, MATERI DAN METODE))
93412495_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI KARYAWAN-KARYAWATI DI PT TIP SIMBANG WETAN PEKALOGAN (KAJIAN TENTANG TUJUAN, MATERI DAN METODE))
93412495_BAB II sampai BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Agam Islam yang dilaksanakan di PT TIP merupakan Pendidikan non formal yang berada di Kawasan industry. Secara teoritis masyarakat industri memiliki karakteristik tersendiri yang jelas berbeda dengan masyarakat lain. Mereka sedikit impersonal dan gerak hidupnya sepertinya di sesuaikan dengan kehidupan yang selalu mengejar tingkat produktivitas. Dengan memperhatikan berbagai faktor tersebut maka dibutuhkan metode yang tepat yang mampu menjadi sarana dan memberi makna pada materi pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode interview, observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan Analisa data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Kesimpulan penelitian adalah: 1. Tujuan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di PT TIP adalah sebagai salah satu pembinaan rohani karyawan dalam rangka meningkatkan mental spiritual agar menjadi pribadi-pribadi uelim yang bertaqwa pada Tuhan YME. Disamping itu dengan Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk mendukung usaha perusahaan dengan meningkatkan produktifitas kerja. 2. Materi yang disampaikan dalam Pendidikan Agama Islam di PT TIP yaitu materi Aqidah Ahlak, materi Ibadah Syariah, dan Fiqh Muamalah. 3. Hetode yang digunakan oleh penceramah adalah metode ceramah, tanya jawab, uswatun hasanah, tarhib wa-targhib dan praktek. 4. Hambatan-hambatan yang terjadi selama pelaksanaan Pendidikan Agama Islam ialah adanya eebagian penceramah yang kurang jelas dalam penyampaian materi, perlengkapan belajar yang kurang memadai dan waktu yang terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. H.M. Noormatdawam - Digitalisasi
Uncontrolled Keywords: penceramah; PAI; materi belajar
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Oct 2025 14:58
Last Modified: 27 Oct 2025 14:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73963

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum