STRATEGI RRI PRO 2 YOGYAKARTA DI ERA DIGITALISASI BAGI GEN Z SEBAGAI MEDIA DAKWAH

Aghna Choirul Hawa, NIM.: 21102010086 (2025) STRATEGI RRI PRO 2 YOGYAKARTA DI ERA DIGITALISASI BAGI GEN Z SEBAGAI MEDIA DAKWAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI RRI PRO 2 YOGYAKARTA DI ERA DIGITALISASI BAGI GEN Z SEBAGAI MEDIA DAKWAH)
21102010086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI RRI PRO 2 YOGYAKARTA DI ERA DIGITALISASI BAGI GEN Z SEBAGAI MEDIA DAKWAH)
21102010086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh perkembangan pesat media massa dan tantangan radio dalam mempertahankan eksistensi di tengah dominasi media digital, khususnya di kalangan Generasi Z yang cenderung beralih ke teknologi modern. Meskipun RRI sebagai lembaga penyiaran publik memiliki peran penting, porsi siaran dakwah pada RRI Pro 2 Yogyakarta yang menyasar Gen Z masih sangat terbatas, yakni hanya 5 menit perhari atau 0,44% dari total siaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peran RRI Pro 2 Yogyakarta bagi Generasi Z sebagai media dakwah. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis dan perilaku yang diamati, serta bertujuan melukiskan fakta atau karakteristik secara faktual dan cermat. Pada hasil penelitian ditemukan bahwa RRI Pro 2 mengusung konsep radio anak muda dengan sajian musik dan informasi inspiratif dan dinamis, menargetkan pendengar usia 19-39 tahun. Meskipun telah mengadopsi digitalisasi melalui radio streaming dan media sosial, program dakwahnya hanya terbatas pada ceramah agama singkat setiap pagi. Keterbatasan ini menjadi masalah dalam penyampaian informasi keagamaan yang komprehensif bagi Generasi Z. Kata kunci: Radio, Gen Z, Media, Dakwah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. Mukhammad Sahlan, M.Si
Uncontrolled Keywords: Radio, Gen Z, Media, Dakwah
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 27 Oct 2025 15:09
Last Modified: 27 Oct 2025 15:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73966

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum