DAILY ACTIVITY PROGRAM UNTUK MEMBENTUK SELF-MANAGEMENT SANTRI USIA 6-8 TAHUN DI ASRAMA TAKHASSUS MI WAHID HASYIM YOGYAKARTA

Alifiyah Safina Nabila, NIM.: 21102020009 (2025) DAILY ACTIVITY PROGRAM UNTUK MEMBENTUK SELF-MANAGEMENT SANTRI USIA 6-8 TAHUN DI ASRAMA TAKHASSUS MI WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAILY ACTIVITY PROGRAM UNTUK MEMBENTUK SELF-MANAGEMENT SANTRI USIA 6-8 TAHUN DI ASRAMA TAKHASSUS MI WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
21102020009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DAILY ACTIVITY PROGRAM UNTUK MEMBENTUK SELF-MANAGEMENT SANTRI USIA 6-8 TAHUN DI ASRAMA TAKHASSUS MI WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
21102020009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk daily activity program dalam membentuk kemampuan self-management pada santri usia 6–8 tahun di Asrama Takhassus MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Boarding school sebagai lingkungan pendidikan terpadu menuntut santri untuk hidup mandiri dan mampu mengatur dirinya dalam keseharian yang terjadwal. Usia 6–8 tahun merupakan fase perkembangan awal yang krusial dalam membentuk keterampilan mengelola waktu, tanggung jawab, serta interaksi sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan kategori field research. Subjek penelitian terdiri dari dua guru pembina, dan tiga santri berusia 6–8 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program aktivitas harian di asrama dirancang secara sistematis dengan pendekatan pembiasaan akhlak dan ibadah yang konsisten, serta melibatkan santri dalam penyusunan aturan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab yang dapat membentuk self-management santri usia 6-8 tahun. Aktivitas seperti Rules Anak Sholeh, pelatihan keterampilan harian, pengelolaan emosi, serta keteladanan dari pembina terbukti mampu menumbuhkan self-management secara bertahap pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik santri. Program ini juga memberi dampak positif tidak hanya di asrama, tetapi juga terlihat dalam perubahan perilaku santri di rumah, sebagaimana disampaikan oleh para wali santri. Kata Kunci: daily activity program , self-management, santri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. H. Muhsin, S.Ag., M.A., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: daily activity program , self-management, santri
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 27 Oct 2025 15:41
Last Modified: 27 Oct 2025 15:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/73969

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum