Ramli, NIM.: 94211657 (1999) KADERISASI DA'I DI PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTRE AL-HIDAYAH PERSATUAN TARBIYAH ISLAMIYAH KAMPAR RIAU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (KADERISASI DA'I DI PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTRE AL-HIDAYAH PERSATUAN TARBIYAH ISLAMIYAH KAMPAR RIAU)
94211657_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (13MB) | Preview |
|
|
Text (KADERISASI DA'I DI PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTRE AL-HIDAYAH PERSATUAN TARBIYAH ISLAMIYAH KAMPAR RIAU)
94211657_BAB II sampai BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Apabila kita melihat kehidupan sehari-hari, betapa pentingnya peranan dakwah lslamiyah dalam pcmbinaan sccarn internal yakni liarus mampu rnenjangkau sernua lapisan masyarakat Islam dalam semua tingkatannya. Salah satu pembinaan internal yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah Kaderisasi da'i di Pondok Pesantren Islamic Centre Kampar. Pembinaan dakwah yang dikelola pondok pesantren Islamic Centre AlHidayah Persatuan Tarbiyah Islamiyah Kampar, dengan sejuta harapan agar santri tidak terbawa arus dalam proses pergaulan sosial dimasyarakat, dikarenakan mengingat perkembangan yang demikian melaju dengan cepatnya dari zaman ke zaman. Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Persatuan Tarbiyah Islamiyah Kampar Riau dianggap sebagai lembaga pendidikan yang berperan penting dalam mencetak Da'i yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, metode, materi, serta faktor pendukung dan penghambat kaderisasi Da'i di pondok pesantren tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Lapangan (Field Research) dengan pendekatan Deskriptif-Kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode Analisis Induktif. Kesimpulan penelitian adalah 1. Kaderisasi Da'i di Pondok Pesantren dilaksanakan melalui program kurikuler dan ekstrakurikuler. 2. Metode kaderisasi meliputi ceramah, diskusi, penugasan praktik, praktik lapangan, dan metode kelompok. 3. Materi pokok kaderisasi mencakup Al-Qur'an, Hadits, Fiqih, Ushul Fiqih, Tasawwuf, Akhlaq, Tarikh Islam, dan Ilmu Dakwah. 4. Faktor pendukung keberhasilan kaderisasi adalah kerja sama yang baik antara pihak pesantren dengan orang tua serta fasilitas/sarana dan prasarana yang memadai. 5. Faktor penghambat meliputi kekurangan tenaga pengajar khusus di bidang tertentu dan keterbatasan dana/anggaran
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Drs. H. Hasan Baida’ie - Digitalisasi |
| Uncontrolled Keywords: | rekruitmen pengurus; kaderisasi; silabi; ekstra kurikuler |
| Subjects: | Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Penyiaran dan Penerangan Agama Islam (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 31 Oct 2025 08:58 |
| Last Modified: | 31 Oct 2025 08:58 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74079 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
