PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI SAINS BERORIENTASI AKMI UNTUK SISWA MI/SD

Dhea Amalia Nur Hidayah, NIM.: 21104080018 (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI SAINS BERORIENTASI AKMI UNTUK SISWA MI/SD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI SAINS BERORIENTASI AKMI UNTUK SISWA MI/SD)
21104080018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI SAINS BERORIENTASI AKMI UNTUK SISWA MI/SD)
21104080018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Hasil studi di beberapa MI/SD di Yogyakarta menunjukkan kemampuan literasi sains siswa masih bervariasi, dengan rata-rata berada pada kategori sedang. Di SDN Muhammadiyah Condongcatur dan SD Nahdatul Ulama, sebagian siswa masih kesulitan membedakan fakta dan pendapat serta memahami informasi dari teks, gambar, tabel, maupun grafik. Wawancara dengan guru juga menegaskan perlunya instrumen asesmen yang lebih valid dan reliabel untuk memetakan capaian kompetensi literasi sains siswa secara akurat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh kelayakan produk instrumen literasi sains berdasarkan penilaian ahli, (2) mengetahui karakteristik instrumen yang dikembangkan, (3) memperoleh kelayakan produk melalui uji coba lapangan, dan (4) mengetahui capaian kompetensi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi delapan tahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen valid dengan skor rata-rata 4,009, menghasilkan 42 soal literasi sains yang sesuai capaian kompetensi AKMI, serta layak digunakan sebagai instrumen asesmen untuk meningkatkan Literasi Sains Berorientasi AKMI Untuk Siswa MI/SD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Anita Ekantini, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Literasi Sains; AKMI; SD/MI; kelayakan produk
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Nov 2025 09:43
Last Modified: 04 Nov 2025 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74124

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum