EFEKTIVITAS ALAT PERAGA FRACTION MATH MONTESSORI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATERI PECAHAN KELAS II SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN

Anisha Munawaroh, NIM.: 21104080063 (2025) EFEKTIVITAS ALAT PERAGA FRACTION MATH MONTESSORI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATERI PECAHAN KELAS II SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS ALAT PERAGA FRACTION MATH MONTESSORI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATERI PECAHAN KELAS II SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN)
21104080063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS ALAT PERAGA FRACTION MATH MONTESSORI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATERI PECAHAN KELAS II SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN)
21104080063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana efektivitas alat peraga fraction math montessori terhadap hasil belajar materi pecahan kelas II SD Muhammadiyah Karangkajen dan (2) bagaimana efektivitas alat peraga fraction math montessori terhadap kemandirian belajar materi pecahan kelas II SD Muhammadiyah Karangkajen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis penelitian eksperimen dengan desain “Nonequivalen Design”. Pada kelas kontrol tidak menggunakan alat peraga fraction math montessori dan kelas eksperimen menggunakan alat peraga fraction math montessori. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pretest, posttest untuk menentukan hasil belajar dan angket untuk menuntukan hasil kemandirian belajar. Adapun uji hipotesis yang digunakan adalah uji t (independent sample t test). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti memperoleh (1) data hasil uji hipotesis hasil belajar yang dilakukan dengan menggunakan uji t (independent sample t test) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,004 dengan ini menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dan (2) data hasil uji hipotesis kemandirian belajar yang dilakukan dengan menggunakan uji t (independent sample t test) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,031, berdasarkan perolehan nilai tersebut menunjukkan bahwa angket kemandirian belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu dalam uji N-Gain, kelas eksperimen memperoleh hasil presentase sebesar 75 % atau 0,75 masuk kedalam kategori efektivitas “tinggi”. Dan hasil perolehan N-Gain untuk kemandirian belajar kelas eksperimen, memperoleh presentase sebesar 53% atau 0,53 yang masuk kedalam kategori efektivitas “sedang”. Dengan demikian, dapat disimpulkan berdasarkan data hasil penelitian yang telah diperoleh menunjukkan bahwasanya penggunaan alat peraga fraction math montessori meningkatkan efektivitas hasil belajar dan kemandirian belajar matematika materi pecahan siswa kelas II SD Muhammadiyah Karangkajen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. Hj. Endang Sulistyowati, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Fraction Math Montessori; hasil belajar; kemandirian belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Nov 2025 09:51
Last Modified: 04 Nov 2025 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74126

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum