STRATEGI IMPLEMENTASI TUJUH KEBIASAAN ANAK INDONESIA HEBAT BERBASIS MAQASHID SYARIAH DI PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN GUNUNGKIDUL

Abdul Razak, NIM.. 23204091023 (2025) STRATEGI IMPLEMENTASI TUJUH KEBIASAAN ANAK INDONESIA HEBAT BERBASIS MAQASHID SYARIAH DI PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN GUNUNGKIDUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI IMPLEMENTASI TUJUH KEBIASAAN ANAK INDONESIA HEBAT BERBASIS MAQASHID SYARIAH DI PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN GUNUNGKIDUL)
23204091023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI IMPLEMENTASI TUJUH KEBIASAAN ANAK INDONESIA HEBAT BERBASIS MAQASHID SYARIAH DI PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN GUNUNGKIDUL)
23204091023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Program tujuh kebiasaan anak Indonesia hebat, diluncurkan Kemendikdasmen sebagai respons atas degradasi karakter generasi muda, menghadapi tantangan integrasi dengan nilai-nilai Islam di pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui strategi implementasi Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat berbasis Maqashid Syariah di Pondok Pesantren Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung Kidul. (2) Untuk menganalisis konsep pembentukan karakter santri melalui tujuh kebiasaan anak indonesia hebat berbasis maqashid Syariah di pondok pesantren muhammadiyah al mujahidin Gunungkidul. (3) Untuk menjelaskan implikasi dari program pembentukan karakter santri melalui tujuh kebiasaan anak indonesia hebat berbasis maqashid Syariah di pondok pesantren muhammadiyah al mujahidin Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan, wawancara mendalam dengan pimpinan pesantren, guru, pembina asrama, serta wali santri, dan dokumentasi terhadap program kegiatan pesantren. Analisis data dilakukan secara interaktif dengan menggunakan analisis miles dan huberman tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data diperkuat dengan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Penelitian ini difokuskan pada praktik implementasi Program tujuh kebiasaan anak Indonesia hebat yang terintegrasi dalam sistem manajemen pesantren dan kehidupan sehari-hari santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi implementasi dilakukan melalui model manajemen terpadu berbasis partisipasi, dengan langkah kunci berupa sosialisasi menyeluruh, penyusunan kurikulum, serta integrasi kegiatan harian menerapkan tujuh kebiasaan anak Indonesia hebat dengan prinsip Maqashid Syariah di pesantren yang selaras dengan nilai-nilai syariat Islam. Konsep pembentukan karakter dibangun melalui keteladanan guru, komunikasi emosional, dan kebiasaan terstruktur yang mendukung pengembangan spiritual, sosial, dan emosional santri. Program ini berdampak signifikan terhadap pembentukan karakter santri secara multidimensi, antara lain meningkatnya kedewasaan emosional, kedisiplinan ibadah, kebiasaan hidup sehat, dan sikap hormat terhadap orang tua yang terus terbawa setelah santri menyelesaikan pendidikan di pesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Prof. Dr. H. Subiyantoro, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat; Maqashid Syariah; Pembentukan Karakter
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.2 Pendidikan - Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Nov 2025 13:48
Last Modified: 04 Nov 2025 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74143

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum