HUBUNGAN KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KEBERHASILAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA

Fitri Balqis Khusnul Khotimah, NIM.: 23204091027 (2025) HUBUNGAN KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KEBERHASILAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KEBERHASILAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA)
23204091027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KEBERHASILAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA)
23204091027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan paradigma pendidikan di Indonesia melalui penerapan Kurikulum Merdeka menuntut sekolah memiliki kepemimpinan visioner dan budaya sekolah yang kondusif untuk memastikan implementasi berjalan optimal. Kepemimpinan visioner berperan membentuk arah strategis dan menginspirasi perubahan, sedangkan budaya sekolah menjadi landasan perilaku kolektif yang mendukung inovasi pembelajaran. Sinergi keduanya diyakini menjadi faktor kunci keberhasilan implementasi kurikulum. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan menguji hubungan kepemimpinan visioner kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka, baik secara parsial maupun simultan. Fokus penelitian meliputi: (1) hubungan kepemimpinan visioner terhadap keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka, (2) hubungan budaya sekolah terhadap keberhasilan implementasi, dan (3) hubungan simultan keduanya terhadap keberhasilan implementasi. Data primer diperoleh dari 20 guru dan 45 wali murid menggunakan kuesioner, sedangkan data sekunder berasal dari dokumen sekolah. Analisis dilakukan menggunakan uji korelasi Pearson dan regresi berganda dengan bantuan SPSS 27. Hasil uji korelasi menunjukkan kepemimpinan visioner memiliki hubungan sangat kuat dan signifikan dengan keberhasilan implementasi (r = 0,851; p = 0,000), begitu pula budaya sekolah (r = 0,902; p = 0,000). Hasil regresi berganda menunjukkan secara simultan keduanya berhubungan sangat kuat dan signifikan (R = 0,979; p = 0,000) dengan kontribusi 95,8% terhadap keberhasilan implementasi, sedangkan 4,2% dipengaruhi faktor lain. Temuan ini sejalan dengan teori kepemimpinan visioner Nanus yang menegaskan pentingnya visi yang jelas, kemampuan menginspirasi, dan iklim yang mendukung perubahan, serta teori budaya organisasi Schein yang memandang budaya sebagai pola asumsi dasar yang membentuk perilaku dan interaksi anggota organisasi. Kolaborasi antara kepemimpinan visioner dan budaya sekolah yang positif menciptakan sinergi kuat dalam mendukung keberhasilan transformasi pendidikan melalui Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Prof. Dr. Imam Machali, S.Pd.I, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan visioner; budaya sekolah; implementasi Kurikulum Merdeka
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375.006 Pendidikan - Kurikulum
Pendidikan > Kepala Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Nov 2025 13:53
Last Modified: 04 Nov 2025 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74144

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum