HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN REGULASI EMOSI DAN DUKUNGAN KELUARGA PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR

Iqbal Gilangahdhan Aryagi, NIM.: 18107010122 (2025) HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN REGULASI EMOSI DAN DUKUNGAN KELUARGA PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN REGULASI EMOSI DAN DUKUNGAN KELUARGA PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR)
18107010122_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (850kB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN REGULASI EMOSI DAN DUKUNGAN KELUARGA PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR)
18107010122_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dengan regulasi emosi dan dukungan keluarga pada mahasiswa tingkat akhir. Mahasiswa pada tahap akhir perkuliahan umumnya menghadapi tekanan akademik yang tinggi, terutama terkait penyusunan skripsi dan persiapan kelulusan, sehingga berpotensi menimbulkan stres yang signifikan. Regulasi emosi dan dukungan keluarga diyakini memiliki peran penting dalam mengelola stres tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan partisipan sebanyak 210 mahasiswa tingkat akhir dari berbagai program studi. Instrumen yang digunakan meliputi skala stres akademik, skala regulasi emosi, dan skala dukungan keluarga yang telah terstandarisasi. Hasil analisis data menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara stres akademik dengan regulasi emosi (r = -0,401, p < 0,01), serta hubungan negatif signifikan antara stres akademik dengan dukungan keluarga (r = -0,354, p < 0,01). Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin baik kemampuan regulasi emosi dan semakin kuat dukungan keluarga yang dirasakan mahasiswa, maka tingkat stres akademik cenderung lebih rendah. Penelitian ini merekomendasikan penguatan keterampilan regulasi emosi dan peningkatan dukungan keluarga sebagai strategi untuk menurunkan stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Syaiful Fakhri, S. Psi., M. Psi.
Uncontrolled Keywords: stres akademik; regulasi emosi; dukungan keluarga; mahasiswa tingkat akhir
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 152.4 Emosi dan Perasaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Nov 2025 16:25
Last Modified: 07 Nov 2025 16:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74217

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum