TAJRIBAH TARIQAH AL GHANA'I LI TARQIYYAH HUFAZ AL MUFRADAT LADA AL TALABAH AL SAFF AL SABI' FI AL MADRASAH AL QADIR AL MUTAWASITAH AL ISLAMIYYAH SLEMAN YOGYAKARTA LI AL 'AM AL DIRASY 2024/2025

Azizatul Masruroh, NIM.: 21104020001 (2025) TAJRIBAH TARIQAH AL GHANA'I LI TARQIYYAH HUFAZ AL MUFRADAT LADA AL TALABAH AL SAFF AL SABI' FI AL MADRASAH AL QADIR AL MUTAWASITAH AL ISLAMIYYAH SLEMAN YOGYAKARTA LI AL 'AM AL DIRASY 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TAJRIBAH TARIQAH AL GHANA'I LI TARQIYYAH HUFAZ AL MUFRADAT LADA AL TALABAH AL SAFF AL SABI' FI AL MADRASAH AL QADIR AL MUTAWASITAH AL ISLAMIYYAH SLEMAN YOGYAKARTA LI AL 'AM AL DIRASY 2024/2025)
21104020001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (TAJRIBAH TARIQAH AL GHANA'I LI TARQIYYAH HUFAZ AL MUFRADAT LADA AL TALABAH AL SAFF AL SABI' FI AL MADRASAH AL QADIR AL MUTAWASITAH AL ISLAMIYYAH SLEMAN YOGYAKARTA LI AL 'AM AL DIRASY 2024/2025)
21104020001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan dalam penguasaan mufradat (kosakata) Bahasa Arab pada siswa, yang seringkali dianggap membosankan dan sulit dihafal. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis efektivitas penerapan metode bernyanyi (tariqat al-ghina) dalam meningkatkan daya hafal mufradat siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al-Qodir Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan desain Quasi-Experimental Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang diajar menggunakan metode bernyanyi dan kelas kontrol yang diajar menggunakan metode konvensional. Data diperoleh melalui tes tulis (pre-test dan post-test) dan dianalisis menggunakan uji-t (t-test) untuk membandingkan peningkatan hasil belajar antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan menghafal mufradat siswa di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol, yang dibuktikan dengan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen yang lebih tinggi dan hasil uji-t yang signifikan secara statistik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode bernyanyi efektif dan tepat digunakan sebagai strategi pembelajaran untuk meningkatkan daya hafal mufradat Bahasa Arab siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. R. Ujni Baroroh., S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Bernyanyi, Mufradat, Daya Hafal, Bahasa Arab, Eksperimen
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Nov 2025 13:38
Last Modified: 11 Nov 2025 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/74343

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum